Gerak Cepat, Tim SAR Gabungan Lanal Simeulue Evakuasi Penumpang KMP Aceh Hebat 3

  • Redaksi
  • Sabtu, 01 Juli 2023 23:38
  • 13 Lihat
  • TNI

TNI AL, Simeulue - Media Budaya Indonesia.Com - Tim SAR Gabungan Lanal Simeulue laksanakan evakuasi penumpang KMP Aceh Hebat 3 akibat pompa hidrolik kapal yang rusak di Perairan Pulau Panjang, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (01/07/2023).

Awal mula KMP Aceh Hebat 3 bertolak dari Pelabuhan ASDP Kabupaten Aceh Singkil pukul 10.22 WIB, namun selama perjalanan terjadi badai sehingga pukul 14.51 WIB Chief KMP Aceh Hebat 3 memutuskan untuk lego jangkar dengan pertimbangan keselamatan penumpang.

Pukul 17.50 WIB dengan pertimbangan cuaca yang sudah membaik, KMP Aceh Hebat 3 memutuskan untuk menarik jangkar namun terjadi insiden jangkar tidak bisa ditarik karena menyangkut di karang, karena proses angkat jangkar dilakukan berulang kali sehingga menyebabkan pompa hidrolik jangkar rusak.

Chief KMP Aceh Hebat 3 segera meminta bantuan kepada Pos TNI AL Pulau Banyak pukul 18.15 WIB yang ditanggapi langsung oleh Danposal Pulau Banyak Letda Laut (E) Iswanto, A.Md., dengan melaporkan kejadian tersebut kepada komando atas Pangkalan TNI AL Simeulue.

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra, M.Tr.Opsla., menanggapi laporan tersebut dengan cepat memerintahkan Tim SAR Gabungan Lanal Simeulue yang dipimpin oleh Danposal Pulau Banyak untuk segera melaksanakan bantuan evakuasi penumpang KMP Aceh Hebat 3.

Pukul 19.30 WIB, Tim SAR Gabungan Lanal Simeulue, Koramil Pulau Banyak, Polsek Pulau Banyak beserta masyarakat menggunakan boat KM. Putra Sulung dan KM. Ella Rizky 1 melaksanakan evakuasi. Pukul 00.30 WIB, seluruh penumpang KMP Aceh Hebat 3 terevakuasi dengan aman dan keadaan sehat.
(Pen Lanal Simeulue/*NK)

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar