DPRD Provinsi Gorontalo Pelajari Budidaya Tanaman Anggur Vezo Grapes Farm

  • Redaksi
  • Kamis, 01 September 2022 21:03
  • 48 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara l Media Budaya Indonesia – Budidaya tanaman anggur Vezo Grapes Farm kian menarik perhatian publik. Aktivitas pertanian perkotaan (Urban Farming) di lokasi itu kian memikat daerah lain di Indonesia untuk turut mempelajarinya.

Penggiat budidaya tanaman anggur Vezo Grapes Farm, Tarto Blendot menyambut hangat kehadiran rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo untuk mempelajari budidaya tanaman anggur secara langsung di Vezo Grapes Farm. 

Pertemuan informal itu menjadi ajang berbagi ilmu dan pengetahuan seputar budidaya tanaman anggur yang nyatanya hidup subur dan menghasilkan buah melimpah meski ditanam di wilayah pesisir. 

“Kami mengapresiasi kehadiran rombongan DPRD Provinsi Gorontalo yang tertarik dengan budidaya tanaman anggur di sini. Apalagi wilayah Gorontalo dan Jakarta Utara ini memiliki kesamaan yakni sama-sama di wilayah pesisir,” kata Tarto Blendot saat ditemui di Vezo Grapes Farm, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (1/9).

Dalam pertemuan itu, dia menekankan penerapan urban farming kembali ke alam atau Back to Nature, yang berarti seluruh kebutuhan budidaya tanaman anggur tidak menggunakan karya pabrik alias mendaur ulang bahan organik, seperti pada pupuk yang berasal dari limbah sayur, buah, ataupun kotoran hewan.

Konsep tersebut telah dibuktikan dengan hasil budidaya tanaman anggur yang memuaskan serta dapat menekan biaya perawatan tanaman.

“Marilah kita bertani secara organik, kembali ke alam, dengan biaya sedemikian murah bahkan gratis dan hasilnya pun lebih optimal. Konsep itu tadi kami bagi kepada rombongan DPRD Provinsi Gorontalo, selain berbagi ilmu dan pengetahuan soal cara penanaman tanaman anggur  yang baik sesuai dengan kondisi cuaca pesisir,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Muh Kris Wartabone mengaku terpikat kesuksesan budidaya tanaman anggur lewat tayangan YouTube saat Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memanen anggur di Vezo Grapes Farm.

Hasil kunjungan ini pun nantinya direkomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menggiatkan budidaya tanaman anggur di lahan-lahan terbatas.

“Karakteristik Jakarta Utara dan Gorontalo mirip, wilayah pesisir dan cuacanya yang cukup panas. Pertemuan ini akan kami rekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menggiatkan budidaya tanaman anggur dengan mempelajarinya dari tempat ini (Vezo Grapes Farm),” tutup Muh Kris Wartabone. (*Red)

Pemkot Jakarta Utara #Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar