Dandim 0502 Jakut Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat

  • Redaksi
  • Minggu, 01 Oktober 2023 17:07
  • 16 Lihat
  • TNI

Jakarta Utara I Media Budaya Indonesia.com - Tanggal 1 Oktober di peringati sebagai hari Kesaktian Pancasila, dimana sejarah menceritakan bahwa ketika terjadinya pemberontakan oleh yang menamakan kelompok Gerakan 30 September tahun 1965 dengan tujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno serta mengganti dasar Negara Pancasila menjadi azaz Komunis serta dengan menculik dan membunuh 7 jenderal TNI Angkatan Darat dengan fitnah akan kudeta, tetapi semua terselamatkan dan Indonesia aman dari rongrongan, maka tanggal 1 Oktober di tetapkan sebagai Hari kesaktian Pancasila.

Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Kav Tofan Tri Anggoro BS bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan acara Laporan Korps kenaikan pangkat prajurit Kodim 0502 Jakarta Utara yang berlokasi di lapangan upacara Makodim 0502 Jakarta Utara Jl. Yos Sudarso Kelurahan Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (01/10/2023).

Hadir pada kegiatan upacara tersebut antara lain Kepala Staf Kodim 0502 Jakarta Utara Letkol Arm Roni Hermawan,  Pewira Penghubung Kodim 0502 Jakarta Utara Letkol Inf Budi Suwandi, Para Perwira Staf dan Para Danramil Jajaran Kodim 0502 Jakarta Utara serta para Bintara dan Tamtama serta PNS Jajaran Kodim 0502 Jakarta Utara.

Rangkaian upacara berjalan dengan khidmad, selanjutnya Irup memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta dan pembacaan naskah Pancasila, perwakilan pembaca Pembukaan UUD Tahun 1945 dan pembacaan Ikrar.

Selanjutnya setelah rangkaian upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila selesai, acara dilanjutkan dengan Laporan Korps kenaikan pangkat kepada Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara oleh anggota yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

Dandim 0502 Jakarta Utara menyampaikan bahwa kenaikan pangkat adalah suatu kepercayaan TNI kepada anggotanya yang berprestasi, disiplin dan berdedikasi tinggi, tidak mudah untuk mendapatkan kenaikan pangkat karena harus melalui sebuah proses yang panjang, kemudian akan di tuntut untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar", kata Dandim Anggoro.

Selanjutnya Dandim memberikan ucapan selamat kepada anggota yang hari ini naik pangkat.(*MBI) 

Kodim 0502 Jakut # Kodam Jaya # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar