Dalam Rangka HUT ke-78 TNI Tahun 2023, TNI AL Lanal Bandung Laksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023

  • Redaksi
  • Rabu, 01 November 2023 17:51
  • 38 Lihat
  • TNI

Sukabumi I Media Budaya Indonesia.Com - Dalam Rangka HUT Ke-78 TNI Tahun 2023, Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lanal)  Bandung dalam hal ini Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., bersama Forkopimda, Unsur Maritim,  Instansi TNI, serta masyarakat  melaksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 diseluruh Indonesia secara serentak, bertempat di Desa Gunung Endut, Kabupaten Sukabumi, Rabu (01/11/2023). 

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka rangkaian memperingati HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” serta “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan secara terpusat di Bekasi dan dipimpin langsung Wakil Presiden RI Amin Ma’ruf dan dan didampingi oleh Panglima TNI, Kapolri, Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan serta PJ. Gubernur Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bandung bersama Forkopimda, Unsur Maritim,  Instansi TNI serta masyarakat  melaksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 menanam Bibit Vanili yang merupakan binaan Lanal Bandung dalam hal ini Potmar Lanal Bandung. 

Dengan dipilihnya ketahanan pangan vanili dikarenakan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat yang harganya sangat tinggi harga jualnya dan saat ini bisa mencapai diangka Rp. 6 juta/kg. Namun dalam penanamannya tidak gampang dibutuhkan kesabaran dikarenakan jarak waktu tanam sangat lama hingga 3 tahun baru bisa di panen.

Pohon Vanili bukan hanya diambil buahnya untuk bahan rempah-rempah namun pohonnya juga bisa dijual sebagai bahan parfum/pewangi dan harganya sangat mahal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai bagian dari komponen bangsa sesuai dengan amanat UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, khususnya melalui tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satu tugas OMSP tersebut adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, serta membantu pemerintah menyiapkan  potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya, yang pelaksanaannya didasarkan pada kepentingan pertahanan negara.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah tersebut, TNI dan seluruh jajarannya bekerjasama dengan Pemerintah Pusat maupun Daerah, Kementerian dan Lembaga terkait serta segenap komponen bangsa diseluruh wilayah di Indonesia, pada hari ini Rabu tanggal 01 November tahun 2023 melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Seluruh Indonesia Tahun 2023 secara serentak Jajaran TNI dieluruh Indonesia dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. 

Kegiatan ini patut menjadi perhatian yang serius dari semua pihak melalui komitmen bersama baik pemerintah maupun non-pemerintah dan segenap komponen bangsa untuk mewujudkan kehidupan kedepan yang lebih baik. Upaya tersebut dilakukan oleh TNI dan seluruh jajaran karena TNI memandang bahwa perlindungan dan pemulihan terhadap Ketahanan Pangan di Indonesia. 
(Pen Lanal Bandung/*MBI)

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar