Sambut Ramadhan, Ratusan Warga KP. Pintu Air Meriahkan Pawai Obor dan Bedug

  • Redaksi
  • Sabtu, 02 April 2022 09:35
  • 40 Lihat
  • Berita Umum

Warga Kota Bekasi l Budaya Indonesia - antusias menyambut bulan suci Ramadhan. Ratusan warga di RW 07 Kp. Pintu Air, Kelurahan Harapan Mulya, Medan Satria, Kota Bekasi, menggelar pawai obor dan Bedug, Jum'at (01/4/2022) malam.

Pantauan Media, warga terdiri dari anak-anak unsur Taman Pendidikan AlQur'an ISMI dan sekitarnya, remaja dan para orang tua sudah mulai mempersiapkan untuk pawai obor sejak pukul 18.30 WIB dan mengelilingi kampung Pintu Air hingga kawasan Fly Over Summarecon Bekasi. Pawai dimulai selepas sholat isya berjamaah setelah pengumuman hasil sidang isbat dan selesai pukul 22.00 WIB.

Peserta pawai anak-anak didampingi orang tua dan panitia dari unsur Pengurus RW 07 dibantu elemen Majelis Ta'lim Remaja dan generasi muda. Para peserta pawai obor memegang obor dan melantunkan sholawat diiringi tabuhan bedug dan drum.

Ketua RW 07 ZAINUDDIN, S.Psi mengatakan, pawai obor seperti ini rutin diadakan setiap jelang Ramadhan. Walaupun sejak pandemic baru dimulai kembali. Menurut Bang ZAINUDDIN pawai obor itu kembali digelar setelah sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

"Pawai ini sudah menjadi tradisinya menyambut Ramadhan, hanya saja kita sempat meniadakan kegiatan pawai obor ini selama dua tahun karena memang kondisi tidak memungkinkan karena virus corona. Pawai obor ini tujuannya untuk menyambut bulan suci Ramadhan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Agar anak-anak dan generasi muda dan masyarakat semangat untuk menyambut bulan suci Ramadhan," kata Bang Zainuddin, Jum'at malam tadi.

Bulan Ramadhon adalah bulan suci penuh berkah yang dimuliakan berdasarkan salah satu perkataan ulama salaf, yang artinya ”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka".

Peserta pawai obor ini mencapai kurang lebih 500 orang. Karena masih di masa pandemi, protokol tetap diterapkan. "Walaupun pandemi sudah mereda, tapi tetap masker tetap kita gunakan," tandasnya.

Sementara itu, kepada pihak keamanan terkait Ketua RW 07 yang akrab dipanggil Bang Zaid, mengatakan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran pawai. "Kami sudah menghubungi pihak Kelurahan melalui Pamor dan juga Bimaspol dan Babinsa, Alhamdulillah mereka pun turut serta bersama meriahkan dan mengamankan acara pawai obor ini. Jadi semua dapat terkendali," tegasnya.

Pada sesi menjelang penutupan Ketua RW 07 membagikan doorprise bagi peserta pawai yang beruntung.
(Ayu)

Komentar

0 Komentar