" Melacak Jejak Spiritual Pancasila"

  • Redaksi
  • Kamis, 02 Juni 2022 10:56
  • 119 Lihat
  • Berita Umum

Trenggalek, Jawa Timur l Media Budaya Indonesia -  Komunitas Budaya  Jawa Dwipa yang terdiri dari pelaku Budaya dan Spiritual malam 31 mei melakukan kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Pusat Agung Organisasi Persatuan dan Kesatuan Kebatinan Sejati Kaweruh Jawa Dwipa, Rabu (1/6).

Sementara itu Sekertaris Panitia Sudarsono mengatakan bahwa acara ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya dan juga dilakukan beberapa Kegiatan lainnya yang berkaitan dengan Kebangsaan. 

Kita di Jawadipa punya acara rutin 3 kali setahun.
1.Setiap Tgl. 31 mei malam 1 juni upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 1945.

2.Tgl 16 malam 17 agustus acara ruwatan agung.

3.Tgl 12 suro saka ulang tahun Jawadipa
 acara tadi malam bertemakan :  Dengan Nilai Nilai Luhur Pancasila Kita Wujudkan Perdamaian Dunia. 

Kemudian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Pembacaan Pancasila. 

Sementara itu Ki Cokro Wibowo Sumarsono mengupas tentang "SEJARAH PERJUANGAN Ir. SOEKARNO hingga LAHIRNYA PANCASILA 1 JUNI 1944." 
Sedangkan Ki Sugito Wijoyokusumo sebagai Pimpinan dan Pinisepuh PUSAT AGUNG JAWADWIPA mengupas tuntas tentang "HAKIKAT MAKRIFAT PANCASILA, PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI PRIBADI DAN PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA." 
kemudian Bapak Pinisepuh juga memimpin langsung Astungkoro Pujobroto. 

Dalam Acara itu hadir juga Dirjen Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Pusat, Forkopimda Kab. Trenggalek, Forkopimcam Durenan, para Kepala Desa Se - Kecamatan Durenan, Presidium MLKI Pusat, dan Propinsi, Kab Trenggalek dan Temanggung, para Penghayat Kepercayaan dan Pemuka Agama dan para Budayawan. Hadir juga utusan dari  Barisan Adat Raja Sultan Nusantara Pusat (BARANUSA) dan Ratusan tamu yang hadir. 
(*Rudjul/*Red)

Jawa Timur # Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar