Prajurit Lanal Tarempa Laksanakan Samapta Periode II Tahun 2024

  • Redaksi
  • Rabu, 02 Oktober 2024 14:26
  • 16 Lihat
  • TNI

TNI AL, Kepulauan Anambas, Media Budaya Indonesia.Com - Bertempat di Lapangan Apel Mako  Lanal Tarempa, Jalan Hangtuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, seluruh Prajurit Lanal Tarempa Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS laksanakan serangkaian Samapta Periode II Tahun 2024 oleh Tim Garjas Lantamal IV Batam, Rabu (2/10/2024).

Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan pengecekan tekanan darah oleh Tim Kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Tarempa dilanjutkan dengan registrasi pengisian blanko samapta, pembagian rompi dan pemanasan yang dipandu oleh Tim Garjas. 

Pelaksanaan Samapta meliputi “Baterai A” Lari 12 menit dengan rute memutari Mako Lanal Tarempa sepanjang Jalan Hangtuah, Jalan Kartini, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Usai menyelesaikan Baterai A, seluruh prajurit berkumpul di Lapangan Apel guna melanjutkan “Baterai B” meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Shutle Run yang dilakukan dengan durasi waktu 1 menit pelaksanaan, kecuali PNS hanya melaksanakan “Baterai A”. 

Test kesamaptaan ini merupakan program kerja Pembinaan Jasmani TNI Angkatan Laut jajaran Lantamal IV yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali dengan tujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik personel Lanal Tarempa, sehingga seluruh Prajurit TNI AL khususnya Lanal Tarempa dapat menjalankan tugas pokok dengan maksimal. 

Diawal pelaksanaan Samapta, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla., menekankan kepada segenap Prajuritnya agar mengikuti dan melaksanakan Samapta dengan semangat sesuai kemampuan masing–masing. Para Prajurit harus memperhatikan arahan dari tester dan tim medis agar menghindari hal–hal yang tidak diinginkan, utamakan faktor keselamatan dan jangan terlalu memaksakan diri namun harus dilaksanakan dengan maksimal.

Danlanal Tarempa juga menyampaikan “Test Samapta ini sangat penting dan harus dilaksanakan setiap prajurit dimanapun berada dan bertugas guna tetap menjaga kondisi fisik untuk mempersiapkan diri dalam menjalakan tugas yang diemban maupun yang akan melaksanakan sekolah lanjutan, kursus dan lain sebagainya” tegasnya. 
 
Seluruh rangkaian Samapta Semester II Tahun 2024 di Lanal Tarempa oleh Tim Garjas Lantamal IV Batam dapat diikuti oleh seluruh Prajurit Lanal Tarempa dengan antusias dan penuh semangat serta terlaksana dengan aman dan lancar. 

(Pen Lanal Tarempa/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar