Presiden RI Resmikan Infrastruktur Kawasan Danau Toba SUMUT

  • Redaksi
  • Kamis, 03 Februari 2022 09:00
  • 15 Lihat
  • Berita Umum

SUMUT l Budaya Indonesia - Kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke berbagai daerah meresmikan Infrastruktur di Kawasan Danau Toba Sumut,  Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten di sekitar Danau Toba. Tujuh di antaranya saya resmikan hari ini langsung dari Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (2/2/2022).

Tujuh pelabuhan itu adalah Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Selain pelabuhan, saya juga meluncurkan empat kapal motor penumpang baru yang akan beroperasi di perairan Danau Toba ini yaitu KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, untuk menyeberang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antar Kecamatan dan antar Kabupaten.

Beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini juga akan mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. ( Red )

Komentar

0 Komentar