Peringati Hari Lingkungan Hidup Se - Dunia, Bambu Foundation Gandeng Relawan Kali Sadang Lakukan Giat Bersih - Bersih Sungai

  • Redaksi
  • Sabtu, 04 Juni 2022 21:16
  • 39 Lihat
  • Berita Umum

Kabupaten Bekasi l Media Budaya Indonesia - Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni tiap tahunnya, Komunitas Relawan Save Kali Sadang, Perumahan Villa Mutiara, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, menggelar giat bersih-bersih sungai kali Sadang pada Sabtu, (4/6/2022).

Dalam keterangannya, Ketua Relawan Save Kali Sadang, Khoirudin mengatakan, " giat bersih-bersih Sungai  Kali Sadang ini kami lakukan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Di dalam Alqur'an banyak ayat yang membicarakan masalah air dan fungsinya di alam, misalnya tentang asal dan penopang kehidupan, daur hidrologi, sarana transportasi, dan sebagainya, bahkan surga dilukiskan sebagai kebun yang dialiri sungai-sungai yang jernih," Jelas Khoirudin.

Khoirudin menambahkan, " Ayat-ayat tersebut mengisyaratkan bahwa air merupakan barang yang penting dan diperlukan, tetapi juga dapat menjadi sumber masalah dan bencana. Terlebih belakangan ini kali Sadang tercemar limbah pabrik yang dilakukan oleh oknum pabrik nakal di Kabupaten Bekasi, sehingga pada Selasa (1/6/2022) lalu PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdhan beserta stakeholder terkait lainnya melakukan inspeksi mendadak (sidak-red) disini," imbuhnya.

Saat bersamaan wakil Ketua Relawan Safe Kali Sadang, Sukri Sulaiman menuturkan, "Kami menghimbau kepada masyarakat sekitar Villa Mutiara Cibitung agar tidak membuang sampah ke kali Sadang. Harapannya kelestarian lingkungan dapat terjaga dengan baik dan tidak terjadi banjir seperti yang lallu. Semoga Pemkab Bekasi bisa sesegera mungkin melakukan normalisasi kali Sadang agar kami warga perumahan Villa Mutiara tidak terus terdampak banjir tiap musim penghujan," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Eko Jatmiko selaku founder BAMBU Foundation menambahkan, "selain giat bersih-bersih kali/sungai Sadang kami pun lakukan penanaman pohon di sepanjang daerah aliran sungai (DAS-red) agar tidak longsor dan kelestarian alam dapat selalu terjaga." pungkas Eko Jatmiko.

Giat bersih-bersih Kali Sadang ini juga turut melibatkan personil DLH Kabupaten Bekasi wilayah lll Bidang Kebersihan & Pengelolaan persampahan. 
(Ay/red)

Kabupaten Bekasi#Media Budaya Indonesia#

Komentar

0 Komentar