Sanggar Sin Lam Ba Batavia Ikut Ramaikan Acara Latihan Gabungan (Latgab) di Jakarta Utara

Jakarta I Media Budaya Indonesia.Com - Sanggar Sin Lam Batavia Ba Batavia Ikut meramaikan acara Latihan Gabungan (Latgab) yang diselenggarakan Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi (Astrabi) Jakarta Utara, Minggu (4/6/2023).

Sanggar Sin Lam Ba Batavia ( Saudara Lahir Batin) pimpinan Babe Achmad Muklis yang kerap disapa Babe Muklis itu, berdomisili di Pulau Besar 1 RT 004 RW 011 No. 25 Sunter Jaya, Jakarta Utara, kembali ikut meramaikan acara budaya silat Betawi yang kali ini diselenggarakan oleh Astrabi Jakarta Utara.Yang bertempat di PMI Jakarta Utara, Jl. Plumpang Semper No.54 RT 01 RW 4 Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Guna mengedepankan marwah pencak silat yang menjadi budaya Betawi babe Muklis selalu berusaha menyempatkan waktu untuk mengikuti acara budaya pencak silat sanggar perguruannya, guna menampilkan anak - anak didiknya.

" Saya berkomitmen, untuk bisa selalu mengikuti setiap kali ada acara pencak silat. Baik itu acara yang diselenggarakan oleh Astrabi maupun IPSI. Sebagai momentum guna mewujudkan prestasi dari semua anak didik saya," kata Babe Muklis.

Dan tentunya , hal ini saya lakukan tidak sendiri. Tentu saya juga dibantu oleh semua pengurus maupun anak - anak didik saya yang sudah lama ikut dengan saya. Untuk dapat ikut menularkan sekaligus mendidik adik - adiknya yang masih baru yang memiliki keinginan untuk memiliki bela diri pencak silat Betawi ini.

Tidak hanya itu, Babe Muklis juga selalu mengingatkan kepada semua anak didiknya untuk selalu berpedoman kepada akidah Islam. Pertama tidak melalaikan akan pentingnya dan juga menjalin silaturahmi. Dan rencananya tidak lama lagi Sanggar Sin Lam Ba Batavia juga akan mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Tradisi, untuk tingkat SD, SMP, dan SMA yang diselenggarakan oleh Forum Budaya Jakarta Pesisir, pada tanggal 17 Juni 2023, bertempat di Mall Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari No.1 Ancol, Kecamatan Pademangan,  Jakarta Utara," jelasnya.

Saya selalu mengingatkan kepada semua para Ikhwan dan akhwat khususnya, semua anak didik saya. Dengan ilmu pencak silat yang sudah kalian tanam. Tentu kalian juga harus bisa selalu berpedoman kepada akidah Islam. Tidak lalai akan kewajiban kita sebagai muslim untuk beribadah dan sholat, serta pentingnya menjalin tali silaturahmi. Karna ilmu pencak silat yang kalian miliki bukan untuk kesombongan.Melainkan untuk bisa menjadi diri, serta membawa nama baik bangsa dan tanah air kita," tuturnya Babe Muklis.

Perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia memiliki jadwal latihan setiap hari Rabu dan Sabtu, bertempat di RPTRA Pulo  Besar dimulai sejak pukul 19.00 WIB - 21.00 WIB. Adapun untuk jurus yang dimiliki oleh perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia sendiri yakni,  jurus Sitembak, Cingkrik kombinasi, dan Tiga Berantai.

Sebagai bentuk rasa cinta akan budaya seni beladiri pencak silat, tentu menjadi harapan akan pentingnya kepedulian serta sentuhan dari pemerintah Provinsi setempat. Guna lebih mengedepankan tata budaya yang ada, agar bisa lebih membawa nama baik daerah.

" Semoga kedepannya Sanggar Sin Lam Ba Batavia bisa menjadi perhatian pemerintah Provinsi, guna mendukung terciptanya seni budaya beladiri pencak silat menjadi yang terdepan dalam seni beladiri, bersama Sanggar Sin Lam Ba Batavia," tutup Babe Muklis. (* NK)

DKI Jakarta # Pemkot Jakut # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar