FGD HAM Tim Divkum Polri di Aceh: " Perlakuan Tersangka Dilingkungan Polri Dalam Perspektif HAM"

  • Redaksi
  • Rabu, 05 Juli 2023 21:29
  • 36 Lihat
  • Polri

Aceh I Media Budaya Indonesia.com - Data pengaduan dari bidang dukungan pelayanan pengaduan biro dukungan penegakkan HAM pada Komnas HAM RI selama periode bulan Januari tahun 2021 sampai dengan bulan Desember 2022 telah menerima dan memproses 1758 pengaduan, terkait pihak teradu Polri (Tipologi Kasus Nasional), Rabu (5/6/2023).

Ketidak profesionalan/ ketidak sesuaian prosedur oleh aparat penegak hukum menjadi isu pengaduan terbanyak yaitu berjumlah 1.189 pengaduan dan kekerasan dan penyiksaan oleh aparat sebanyak 166 pengaduan, sedangkan Hak yang paling banyak dilanggar adalah hak atas memperoleh keadilan sebanyak 1.392 pengaduan dan hak atas rasa aman sebanyak 153 pengaduan dengan kategori korban yang paling banyak mengalami dugaan pelanggaran HAM adalah Individu.Orang seorang sebanyak 1.164 pengaduan dan kelompok masyarakat sebanyak 271 pengaduan.

Demikian pula sesuai dengan hasil penelitian serta pengumpulan data keterangan di Polda Sumatera Utara awal bulan Juni 2023, diperoleh satu sample kasus pengaduan pelanggaran HAM terkait tindak pidana pembunuhan tahanan, sedangkan Polri telah memiliki beberapa Instrumen HAM terkait antara lain yaitu: Perpol Nomor 4 Tahun 2015 tentang perawatan tahanan di lingkungan Polri, Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi prinsip & standar HAM dalam penyelenggaraan tugas Polri serta Perkap Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelidikan Tindak Pidana. 

Apakah instrumen tersebut telah atau belum disampaikan kepada seluruh personel Polri? Apakah sarana dan prasarana yang ada telah atau belum sesuai dengan Instrumen tersebut? dan apakah instrumen tersebut telah atau belum berbasis HAM?

Berangkat dari permasalahan - permasalahan HAM yang rentan terjadi dalam pelaksanaan Penyelidikan dan penyidikan tindak pidana oleh Polri, maka Divkum Polri sebagai pengemban fungsi pembinaan HAM Polri, berinisiatif melakukan pengkajian permasalahan HAM dengan penyelenggaraan FGD ( Focus Group Discussion)  HAM Polri di Polda Aceh pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 yang mengambil tema " Perlakuan Tersangka Dilingkungan Polri dalam perspektif HAM".

Dalam kegiatan ini di hadiri Karo Bankum Divkum Polri, Irwasda Polda Aceh dan Kabidkum.( Kasubag HAM Divkum Polri/Bimo)

Divkum Polri# Polda Aceh#Media Budaya Indonesia#

Komentar

0 Komentar