Pemerintah Distrik Alama Menghadiri Pelantikan dan Pembekalan PKD Distrik Alama, Dalam Rangka Pemilu Serentak Tahun 2024

  • Redaksi
  • Senin, 06 Februari 2023 21:37
  • 94 Lihat
  • Berita Umum

Mimika, Papua I Media Budaya Indonesia.Com - Bersama Rakyat awasi pemilu Bersama Bawaslu tegakan keadilan Pemilu . 
Panwas Distrik Alama ,  pelantikan sekaligus Pembekalan PKD di Distrik Alama, Senin 6 februari 2023 .

Dalam sambutannya, Distrik Alama yang diwakili oleh sekretaris Distrik Alama  Arianus Katagame, S.Pt  memberikan ucapan selamat kepada anggota PKD yang telah dilantik. Selain itu dirinya juga mengatakan, pihaknya siap untuk turut berpartisipasi serta mengawal pelaksanaan pemilu 2024 guna terwujudnya pemilu yang bermartabat sesuai dengan asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kami siap berpartisipasi dan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar lancar di setiap tahapan-tahapannya dan menjadi pemilu yang Bermartabat, dan selamat kepada PKD yang baru diangkat, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua panwas distrik AlamaYulius Kelanangame menjelaskan, PKD sendiri merupakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa di mana PKD sendiri merupakan bagian dari badan Ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bertugas untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat Kelurahan/Desa.

PKD Pemilu 2024 sendiri tugas dan wewenang serta kewajibannya telah diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, merujuk pada peraturan tersebut, jumlah anggota PKD di masing-masing desa berjumlah satu orang, sehingga jumlah PKD se-Distrik Alama berjumlah 11 orang dari 11 desa.

“PKD ini merupakan panwaslu di tingkat desa/kelurahan di mana untuk anggotanya satu orang dari tiap desa. Karena Alama  ini ada 12 desa, maka jumlah seluruhnya ada 11 orang,” jelasnya.

ketua panwas distrik alamaYulius Kelanangame berharap, para anggota PKD yang telah dilantik ini dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai perundang-undangan sehingga marwah pemilu dapat selalu terjaga dan terhindar dari hal-hal yang dapat mencederainya.

“Semoga semua anggota PKD yang hari ini dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan ikuti bimtek oleh Panwas Distrik Alma dengan sungguh-sungguh, Sekaligus mengambil sumpah untuk anggota PKD yang baru dilantik "pungkasnya.(Stevi/*MBI)

Pemkot Papua #Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar