Kecamatan Tanjung Priok Manfaatkan Rooftop Kantor Untuk Pengembangan Urban Farming dan Kolam Gizi

  • Redaksi
  • Selasa, 08 Maret 2022 12:56
  • 48 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara l Budaya Indonesia - Keterbatasan lahan tidak menjadi kendala untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Hal inilah yang dijadikan acuan bagi jajaran Kecamatan Tanjung Priok bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanjung Priok untuk memanfaatkan area rooftop di Kantor Kecamatan Tanjung Priok sebagai lahan baru dalam pengembangan sistem urban farming. 

Beragam jenis sayuran, tanaman buah melon golden alisha, tanaman obat keluarga (toga), tanaman hias, dan kolam gizi tengah dikembangkan sehingga akan menambah keindahan area rooftop di Lantai 4, Kantor Kecamatan Tanjung Priok. "Ini adalah awal dari program urban farming dan kolam gizi yang selanjutnya akan diprogramkan di lingkungan RW sehingga akan membawa manfaat bagi masyarakat," ungkap Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda dalam acara panen serentak yang berlangsung secara virtual, Selasa (8/3). 

Untuk mendukung pengembangan urban farming, Camat Tanjung Priok bersama Lurah se-Kecamatan Tanjung Priok menginisiasi pelaksanaan kegiatan panen serentak di wilayah Kecamatan Tanjung Priok. "Di rooftop Kantor Kecamatan Tanjung Priok, kita panen melon golden alisha. Alhamdulillah, semuanya berbuah walaupun buahnya kecil tetap manis rasanya tapi ini akan terus dipelajari dan dikembangkan," tutur Syamsul Huda didampingi Wakil Camat Tanjung Priok, Ma'mun dan jajaran. 

Pada acara panen serentak yang berlangsung secara virtual, setiap kelurahan dan RPTRA di wilayah Kecamatan Tanjung Priok turut memanen beragam jenis sayuran dan buah-buahan seperti melon, markisa, cabe, pakcoy, kunyit, kangkung, kembang telon, dan lain-lain. 

Hal tersebut mendapatkan apresiasi langsung dari Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto dan Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariadi yang hadir langsung dalam acara panen serentak di rooftop Kantor Kecamatan Tanjung Priok. 

"Kecamatan Tanjung Priok sudah mencontohkan bagaimana teknik menanam di atap kantor dan itu bisa dilakukan. Bahkan hasilnya oke dan bisa bermanfaat untuk warga sekitar. Mudah-mudahan ini akan menimbulkan perasaan senang sehingga lebih bersemangat dalam bercocok tanam ataupun melakukan budidaya ikan. Jadikan ini sebagai suatu gerakan yang membawa banyak manfaat dan diperlukan juga variasi menanam seperti cabe atau lainnya yang menjadi kebutuhan dapur sehari-hari," pesan Walikota. (AI Sumanta)

Komentar

0 Komentar