Groundbreaking Masjid Ar-Raudhah, Pj. Gubernur Heru Berharap Dapat Bermanfaat bagi Masyarakat

  • Redaksi
  • Jumat, 08 Maret 2024 23:30
  • 5 Lihat
  • Berita Umum

JAKARTA SELATAN, Media Budaya Indonesia.Com -
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta meletakkan baru pertama atau groundbreaking pembangunan Masjid Ar-Raudhah di Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/3). Pj. Gubernur Heru menuturkan, para pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen membangun masjid di lahan milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta ini.

"Lahan ini milik Dinas KPKP, para pejabat berkomitmen membangun masjid di lokasi ini. Kita namakan Ar-Raudhah, luas masjidnya 15x15 meter persegi yang memuat 400 jemaah," ungkap Pj. Gubernur Heru didampingi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, dan Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati.

Pj. Gubernur Heru juga menambahkan, lokasi masjid ini berada di salah satu titik keramaian di Jakarta. Untuk itu, dibangun masjid sebagai fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat ketika berada di sekitar lokasi.

"Sehingga, para umat muslim bisa beribadah, bisa salat di sini. Lahan ini cukup luas, Dinas KPKP bersama Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan menatanya agar lebih baik lagi secara bertahap," jelasnya.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru menuturkan, pembangunan masjid ditargetkan selesai pada akhir Juni. "Ini sebagai hadiah untuk Kota Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, sudah terbangun Masjid Ar-Raudhah di bulan Juni dan bisa digunakan oleh masyarakat," tuturnya.

Pj. Gubernur Heru menambahkan, total anggaran pembangunan masjid ini sebesar Rp 8 miliar tanpa menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). "Ini dilakukan bersama-sama, baik oleh para pejabat Pemprov DKI Jakarta dan terbuka juga untuk masyarakat jika ingin berpartisipasi membangun rumah ibadah. Sudah terkumpul Rp 5 miliar, dari total bangunan dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp 8 miliar. Ini untuk sama-sama. Tidak ada APBD di sini," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin, sebagai panitia pembangunan Masjid Ar-Raudhah, menjelaskan, masjid ini diibaratkan sebagai mercusuar. Tidak hanya menunjang hubungan manusia kepada Tuhan, tetapi juga hubungan antarmanusia.

Nantinya, Arief menjelaskan, masyarakat bisa melihat langsung Masjid Ar-Raudhah dari jalan raya. Dalam proses pendanaan pembangunan masjid ini, masyarakat bisa turut berdonasi dengan melakukan scan QR code di banner yang tersedia.

"Rekan kami, Bank DKI, sudah menyediakan QRIS. Jadi, masyarakat yang mau menjadi donatur, menyambung pahala kita kelak, Insya Allah, itu juga bisa langsung scan QR code di sini," terangnya. (*NK)

Pemprov DKI Jakarta # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar