Camat Najmuddin Monitoring Giat Vaksin Lansia Di Desa Wilayah Tambun Utara

  • Redaksi
  • Sabtu, 12 Februari 2022 20:45
  • 14 Lihat
  • Berita Umum

Kabupaten Bekasi l Budaya Indonesia - 
Pemerintah menghimbau pentingnya vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia). Anjuran ini tidak hanya sebatas agar terhindar dari penularan  virus COVID-19, namun lebih difokuskan pada kondisi warga lansia yang sudah renta. Hal inilah pula yang menjadi pusat perhatian pemerintah agar vaksinasi dapat terserap secara efektif, optimal, dan tepat sasaran. 

Camat Tambun Utara, H. Najmuddin M. Si, M. Ling  memonitoring secara keliling pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di masing-masing desa di wilayah Tambun Utara. Dirinya bergerak ke tiap desa bersama muspika Kecamatan Tambun Utara guna mendampingi Kapuskes dan tim kesehatan Tambun Utara, untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi para lansia, pada Jumat (11/02/2022) 

Dalam pernyataannya, H. Najmuddin menjelaskan, " lansia ini kan rentan sekali untuk sakit dan lainnya, dengan divaksin COVID-19 ini semoga tercipta itu ~Herd Immunity~ nya dengan baik, " kata Camat. 

"Memang merupakan satu tantangan yang lumayan berat dalam pelaksanaan vaksinasi untuk para lansia ini. Karena diantara mereka hampir semua tidak mau divaksinasi. Dengan alasan diusia mereka yang sudah tidak produktif lagi, mobilisasi mereka kebanyakan hanya dirumah saja, " papar Camat ketika diwawancarai oleh awak Media Budaya Indonesia, terkait tingkat kesulitan yang dihadapi dilapangan pada saat monitoring. 

"Jadi kita, selalu tim monitoring dari pihak kecamatan dan juga didampingi pihak masing-masing pemdes, butuh kesabaran ekstra dalam hal ini," pungkas Camat Tambun Utara. 

Sementara berdasarkan monitoring Keliling Camat dan muspika Kecamatan Tambun Utara, selama dua hari berturut-turut, secara door to door sejak hari Kamis, 10 Pebruari 2022 s/d Jumat, 11 Pebruari 2022, hasil yang dapat dilaporkan dari tiap-tiap desa adalah sebagai berikut :
I. Vaksinasi Dosis 2 lansia Puskesmas Sriamur
Tanggal 10/2/2022
1.Desa Satriamekar = 6 orang
2.Desa Sriamur        = 10 orang
3.Desa Srimukti       = 10 orang
4.Desa Srijaya          = 5 orang
5.Desa Srimahi        = 13 orang
Jumlah Dosis 2 Puskesmas Sriamur = 44 orang

II. Vaksinasi Dosis 2 di Puskesmas Karang Satria
1.Desa Satriajaya       = 5 orang
2.Desa Jejalenjaya    = 9 orang
3.Desa Karang Satria = 4 orang
Jumlah Dosis 2 Puskesmas Karang Satria = 18 orang
Total Dosis 2 di dua Puskesmas menjadi 62 orang. 

Dihari berikutnya, Jumat, 11 Pebruari 2022 hasil monitoring yang dapat dilaporkan dari Puskesmas Karang Satria, adalah sebanyak 75 orang hadir untuk mengikuti vaksinasi tersebut. Namun yang memenuhi syarat untuk dapat di vaksin atau lolos screening hanya 49 warga. Selebihnya dengan alasan karena dampak dari riwayat penyakit bawaan yang diderita dan juga karena mereka menolak untuk di vaksinasi. (Ayu)

Komentar

0 Komentar