Tim Verifikator ProKlim Kementerian LHK RI Tinjau Lingkungan RW 03 Kelurahan Semper Barat

  • Redaksi
  • Jumat, 12 Agustus 2022 15:40
  • 5 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara l Media Budaya Indonesia  - Komponen masyarakat RW 03 Kelurahan Semper Barat menyatukan komitmen untuk bergerak bersama dalam menata lingkungan menjadi bersih, indah, dan nyaman. Kekuatan sinergi inilah yang membawa lingkungan RW 03 Semper Barat berhasil masuk dalam tahapan verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tingkat Nasional Tahun 2022. 

"Masyarakat RW 03 Semper Barat sudah melakukan banyak hal dalam penerapan ProKlim terutama di kegiatan adaptasi dan mitigasi sebagai antisipasi perubahan iklim sehingga pergerakan dapat terus berjalan dan berkelanjutan," ungkap Ketua RW 03 Semper Barat, Sainan saat memaparkan ProKlim RW 03 di Aula Gedung Tjetje Rahman, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jumat (12/8). 

Dihadapan Tim Verifikator Lapangan ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Sainan turut menjabarkan berbagai kegiatan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim yang telah berjalan di lingkungan RW 03 Semper Barat. 

Untuk mendukung pelaksanaan ProKlim, aksi adaptasi yang sudah dilakukan diantaranya permanenan pemanfaatan air hujan untuk menyiram tanaman, kolam ikan disetiap RT, membuat lubang resapan biopori, penggunaan air AC dan cucian beras, pembatasan pemakaian air, peringatan dini atau alarm kebencanaan, dan lainnya. 

Sedangkan kegiatan mitigasi perubahan iklim yaitu pengelolaan sampah, limbah padat dan cair, pilah sampah mandiri (skala rumah tangga), sedekah mijel, penggunaan gas elpiji, lampu hemat energi, pencahayaan alami/ventilasi cahaya, pembuatan pupuk kompos dn budidaya maggot, penggunaan pupuk kompos, eco enzyme, dan sebagainya. 

"Kami dari tim verifikator ProKlim Kementerian LHK bertugas di RW 03 Semper Barat dengan tujuan untuk melihat langsung kegiatan yang telah dilaporkan melalui sistem registri nasional. Tentunya, kami sangat menghargai kegiatan warga sehingga capaiannya masuk klasifikasi Proklim Tingkat Nasional dan ini merupakan prestasi karena tidak mudah membangun kerjasama dan kepedulian terhadap lingkungan hidup," jelas Tim Verifikator ProKlim Kementerian LHK RI, Yadi Suryadi. 

Sejumlah pejabat terkait turut mendampingi Tim Verifikator ProKlim Kementerian LHK RI yang berkunjung ke lingkungan RW 03 Semper Barat diantaranya Camat Cilincing, Anita Permata Sari, Lurah Semper Barat, Maryono, perwakilan Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Utara, Imam, dan unsur lainnya.(**Red)

Pemkot Jakarta Utara #Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar