Pemkab administrasi Kepulauan Seribu Akselerasi Pencegahan dan Penurunan Stunting

  • Redaksi
  • Kamis, 12 September 2024 18:12
  • 97 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta, Media Budaya Indonesia.Com -  Pemerintah Kabupaten administrasi Kepulauan Seribu melakukan akselerasi penurunan stunting. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Rembuk Pencegahan dan Penurunan Prevalensi Stunting.

Melalui kegiatan ini berbagai stakeholder juga melaksanakan penandatanganan komitmen bersama percepatan penurunan stunting di wilayah Kepulauan Seribu.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan, di dampingin H.Purnomo asisten Kesra mengatakan, terdapat dua hal yang menjadi perhatian di bidang kesejahteraan masyarakat yakni, stunting dan kemiskinan ekstrem yang keduanya saling berkorelasi.

Dalam upaya penurunan prevalensi stunting, Pemkab Kepulauan Seribu terus berkomitmen untuk melakukan delapan aksi konvergensi stunting yang telah dilaksanakan sejak tahun 2021.

"Rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan pelaksanaan rencana berjalan secara terintegrasi antar OPD, sektor/lembaga non-pemerintah hingga masyarakat," ujarnya, di Ruang Pola, Gedung Mitra Praja Sunter, Jakarta Utara, Kamis (12/9).

Fadjar menjelaskan, Rembuk Stunting ini bertujuan menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting

Kemudian, mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan penurunan stunting terintegrasi.

"Kami juga ingin membangun komitmen publik dalam upaya penurunan stunting. Kelurahan Pulau Kelapa menjadi fokus penurunan dan pencegahan stunting terintegrasi di Kepulauan Seribu," terangnya.

Menurutnya, intervensi stunting yang dilakukan tidak hanya ke wilayah Pulau Kelapa, tapi mengarah ke seluruh kelurahan dengan dukungan anggaran sesuai kebutuhan wilayah, baik APBD, APBN maupun yang bersumber dari corporate social responsibility.

"Semoga dengan kerja keras dan komitmen bersama ini dapat mewujudkan Kepulauan Seribu merdeka dari stunting," harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Murniasi Hutapea menambahkan, prevalensi stunting di wilayah Kepulauan Seribu hingga Agustus 2024 sebanyak 58 anak atau 2,6 persen. Jumlah ini mengalami penurunan, dibandingkan tahun 2023 dengan jumlah 131 anak atau 6,8 persen.

"Pada tahun ini, program Pemberian Makanan Tambahan bergizi masih menjadi upaya kami dalam percepatan penurunan angka stunting," ungkapnya.

Ia memaparkan, untuk memperoleh capaian ini juga ada dukungan dari masyarakat melalui kader PKK dimulai dari mendata, mendampingi, dan memonitor konsumsi pangan.

"Semoga dalam komitmen ini dapat membawa keberkahan dan kita optimistis mewujudkan Kabupaten Kepulauan Seribu zero stunting," tandasnya.

(Sutarno)

Pemprov DKI Jakarta # Pemkot Kepulauan Seribu #Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar