Danlantamal XII Hadiri Pergelaran Adat Robo - Robo dan Menerima Anugerah Pangeran Nata Varuna Nagara oleh Raja Mempawah XIII

  • Redaksi
  • Rabu, 13 September 2023 18:39
  • 40 Lihat
  • TNI

TNI AL, Lantamal XII I  Media Budaya Indonesia.Com - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS, menghadiri acara Pagelaran Adat Robo-Robo serta dianugerahi gelar Pangeran Nata Varuna Nagara oleh Raja XIII Mempawah Baginda Pangeran Ratu Mulawangsa Dr. Ir. Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, M.Sc., yang dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Kuala Mempawah, Rabu (13/09/2023).

Robo-Robo merupakan tradisi yang merayakan asal-usul dan kearifan lokal di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Tradisi ini telah menjadi salah satu perayaan budaya oleh masyarakat.

Pada perayaan tersebut, masyarakat Mempawah memberikan penghormatan terhadap dewa-dewa dan leluhur yang diyakini melindungi dan memberkati masyarakat setempat. Ketika agama Islam masuk ke daerah ini, tradisi Robo-Robo terus berkembang, menggabungkan unsur-unsur Islam dengan kearifan lokal yang sudah ada.

Dalam kesempatan ini, Raja XIII Mempawah memberikan Danlantamal XII anugerah Yang Mulia Sri Setia Amantubillah dengan membawa gelar Pangeran Nata Varuna Nagara sebagai simbolisasi kekerabatan dengan Kerajaan Mempawah.

Diharapkan anugerah tersebut membawa dampak positif bagi Lantamal XII khususnya TNI Angkatan Laut agar semakin dikenal oleh masyarakat Kalimantan Barat khususnya di wilayah Kabupaten Mempawah.
(Dispen Lantamal XII/*NK)

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar