Pemprov Daerah Khusus Jakarta Warga Diimbau Jangan Pulang Mudik Bawa Sanak Saudara Tanpa Skill

  • Redaksi
  • Senin, 15 April 2024 16:24
  • 67 Lihat
  • Berita Umum

JAKARTA, Media Budaya Indonesia.Com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) Budi Awaluddin mengimbau agar pulang dari kampung halaman jangan membawa sanak saudara ke Jakarta tanpa jaminan hidup.

“Kami mengimbau kepada warga Jakarta yang saat ini merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halamannya agar saat kembali nanti tidak membawa sanak saudara, kerabat serta keluarga lainnya ke Jakarta tanpa ada jaminan tempat tinggal dan tempat kerja yang layak di Jakarta,” tegas dia lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/4/2024).

Budi pun menegaskan untuk menimbulkan kesadaran bagi pendatang agar tidak mencoba menguji nasib di Jakarta tanpa memiliki keahlian mumpuni. “Di samping itu kepada warga yang ingin mencoba datang ke Jakarta dengan beberapa alasan lainnya agar secara sadar dapat mempersiapkan diri,” ungkap dia.

 “Seperti keahlian atau skill dengan jaminan kerja dari pemberi kerja serta tempat tinggalnya jika menetap di Jakarta nantinya,” imbuh Budi. Sebab, Budi tidak ingin jika nanti pindah ke Jakarta kemudian berganti KTP menjadi penduduk Jakarta lantas setelah itu kembali pindah ke kampung halaman.

“Jangan sampai nanti hanya datang mengubah KTP-nya menjadi KTP Jakarta dan kemudian kembali lagi ke daerah asalnya,“ tegas dia. Sebagai informasi, Jakarta memiliki program penataan dokumen sesuai dengan domisili yang dilakukan secara rutin. “Dalam menekan kepadatan penduduk melalui Disdukcapil Jakarta adalah dengan Program Penataan Administrasi Kependudukan serta di mana warga yang memiliki KTP Jakarta diwajibkan sesuai dengan domisilinya,” tutup dia. 

(Sutarno)

Pemprov Daerah Khusus Jakarta # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar