Peresmian Gambong Balohan Sebagai Kampung Bahari Nusantara Lanal Sabang

  • Redaksi
  • Selasa, 16 Mei 2023 00:30
  • 49 Lihat
  • TNI

TNI AL, Sabang I Media Budaya Indonesia.Com - Bertempat di Jurong Ulee Krueng, Gampong Balohan, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., mengikuti Vicon Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin dengan tema "Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat maritim yang sejahtera," Senin (15/5/2023). 

Gampong Balohan bersama desa lainnya yang tersebar di 68 Satkowil jajaran TNI AL seluruh Indonesia, secara serentak diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., melalui vicon.

Pembentukan Kampung Bahari Nusantara Lanal Sabang dilaksanakan di Gampong Balohan, mempunyai jumlah penduduk sebanyak 150 KK dimana masyarakatnya mempunyai taraf hidup atau kesejahteraan relatif lebih rendah dibandingkan daerah lainnya yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah nelayan.

"Kegiatan Program Kampung Bahari Nusantara dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Lanal Sabang untuk membantu pemerintah daerah dalam mencapai hasil percepatan pembangunan TNI AL dengan masyarakat dalam rangka perberdayaan wilayah bagi kepentingan pertahanan negara aspek maritim, sehingga diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu perberdayaan masyarakat dibidang Pendidikan (Edukasi), Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata, dan Pertahanan, serta mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir agar lebihh maju dan sejahtera," ujar Danlanal Sabang. 

Danlanal Sabang berharap dengan pembentukan KBN di Gampong Balohan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat dan memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan taraf hidup serta perekonomian masyarakat disekitar KBN.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Sabang bersama Forkopimda Sabang meninjau Klaster Pendidikan (Edukasi) Rumah Pintar KBN Balohan yang memiliki fasilitas buku bacaan dan komputer yang dapat digunakan oleh masyarakat Balohan.

Turut hadir dalam kegiatan, 
Pj. Walikota Sabang diwakili oleh Asisten III Administrasi Umum Sekda Kota Sabang Rinaldy Syahputra, S.T., M.T.,
Danguskamla Koarmada I diwakili Paban Sintel Guskamla Koarmada I Letkol Laut (S) Seffrison, S.H.,
Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko M.Tr.Hanla., M.M.,
Kafasharkan Sabang Kolonel Laut (T) Teguh Sukrisno, S.T., M.T., Forkopimda Sabang, Perwira Staf Lanal Sabang, Babinsa Kodim 0112/Sabang, Babinpotmar Lanal Sabang, Babinpotdirga Lanud Mus Sabang dan Babinkamtibmas Polres Sabang, Tokoh Agama, Tokoh Mastarakat, Tokoh Adat, serta Masyarakat Balohan.
(Pen Lanal Sabang/MBI)

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar