Pusdiklat Prawita GENPPARI Gelar Pelatihan 1 hari : Asuhan Psikologi Perawatan

  • Redaksi
  • Kamis, 15 Juni 2023 11:16
  • 8 Lihat
  • Berita Umum

 

Bandung l Media Budaya Indonesia.com - Dasar Pemikiran. Setiap tenaga medis termasuk para perawat pada dasarnya dituntut tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis saja, tetapi juga harus mampu memiliki keterampilan komunikasi dalam memberikan pelayanan medis yang terbaik. Praktek komunikasi tidak terlepas dari kemampuannya dalam memahami aspek psikologi keperawatan. Oleh karenanya mereka dituntut menguasai teknik, prinsip, dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok dan mampu memberikan askep kepada individu, keluarga, dan kelompok baik sehat, sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio, psiko, social kultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar askep dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia. 
Manfaat pemahaman psikologi keperawatan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan adalah untuk memahami respon pasien terhadap penyakit atau masalah yang dialami dan bisa juga merupakan intervensi bagi kesembuhan atau mengatasi masalah pasien. Selain itu, dalam pelaksanaan pekerjaan sebagai anggota tim perlu memahami respon teman sejawat pada saat interaksi. Tidak ada manusia yang sama dalam memberikan respon terhadap suatu stimulus yang diterimanya, Kamis (15/6).

Tujuan
Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta (perawat) agar mampu menerapkan konsep dasar psikologi manusia yang dihubungkan dengan berbagai perilaku manusia dan gangguan psikososial yang dapat digunakan dalam melaksanakan asuhan keperawatan. 

Subjek Pembahasan
- Konsep Psikologi dan Perilaku Manusia
- Perkembangan Kepribadian Manusia
- Konsep Biopsikologi dan Proses Sensorik-Motorik
- Proses Adaptasi Psikologis
- Tingkat Kesadaran dan Ketidaksadaran Manusia
- Konsep Persepsi, Motivasi, Emosi, dan Pembentukan Sikap
- Stres dan Perilaku Abnormal
- Proses belajar, berpikir dan pemecahan masalah secara kreatif 
- Intelegensi dan Kreativitas
- Manajemen Stres
- Panduan Praktikum 1 : Tindakan Meditasi 
- Panduan Praktikum 2 : Hipnosis Lima Jari

Informasi lebih lanjut terkait pelatihan ini dapat menghubungi :*
- Bu Ria : 0813-9555-2289
- Bu Ines : 0813-2498-5928

(*AFG)

Bandung #Dede Farhan Aulawi#Media Budaya Indonesia.com#

Komentar

0 Komentar