Merawat Tradisi Menjaga Budaya Pencak Silat dan Silaturahmi Pencak Silat Betawi

Jakarta l Media Budaya Indonesia.com - Merawat tradisi menjaga budaya dan silaturahmi pencak silat Betawi, Perguruan PS. Cingkrig Seliwa Abadi, pimpinan Babe Uki Cingkrig, mengadakan milad ke-24 di Kampung Bukit Duri, Jl. Inspeksi Aliran Kali Ciliwung Bukit Duri  Tebet Jakarta Selatan, pada Sabtu (15/7/2023) dengan “Pagelaran Seni Budaya Berbasis Komunitas” dengan “Gebyar Seni Budaya Betawi”.

Acara yang bertajuk “Gebyar Seni Budaya Betawi Milad Ke 24,  PS Cingkrig Seliwa Abadi ” ini dihadiri, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Admistrasi Jakarta Selatan, Aparatur Desa, tokoh masyarakat dan para undangan sanggar pencak silat salah satunya Sanggar Sin Lam Ba Batavia, Pulo Besar 1 Sunter Jaya pimpinan Babe Muklis dengan didampingi beberapa anak didiknya. 

Menurut Babe Uki, Pimpinan PS Cingkrig Seliwa Abadi, dirinya  merasa sangat terharu dengan kegiatan ini yang dianggap cukup sukses. Pasalnya, hingga saat ini memasuki usia ke 24 tahun, perguruan yang dipimpinnya masih bisa merayakan Milad secara besar - besaran. Beliau pun tak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang sudah membantu kelancaran dan kesuksesan acara tersebut.

“saya sangat terharu sekali. Sampai saat ini memasuki usia ke 24 tahun. PS Cingkrig Siliwa Abadi masih tetap terus exis untuk melestarikan seni budaya pencak silat betawi. Acara milad tahun ini semakin meriah. Semoga kedepannya Cingkrig Siliwa Abadi tetap terus abadi Dimata masyarakat untuk seni budaya pencak silatnya. Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya acara ini," ucap Babe Uki. 

Ditempat yang sama, kepada sudutpandang id Babe Mukils, selaku Ketua PS Sanggar Sin Lam Ba Batavia juga mengatakan rasa terimakasihnya kepada Babe Uki. Sampai saat ini perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia, masih tetap terus menjadi salah satu perguruan yang menjadi bintang tamu untuk acara milad PS Cingkrig Siliwa Abadi. 

“ Saya sangat berterimakasih sekali atas undangan Babe Uki Cingkrig kepada PS Sanggar Sin Lam Ba Batavia. Setiap tahun milad PS Cingkrig Siliwa Abadi selalu meriah. Dan l tak lupa juga Babe Uki selalu mengundang Sanggar Sin Lam Ba Batavia. Tentu ini menjadi suatu kehormatan untuk Sanggar Sin Lam Ba Batavia, serta perguruan lain yang turut serta menjadi tamu undangan. Semoga PS Cingkrig Siliwa Abadi terus terus jaya, dalam melestarikan seni budaya pencak silat betawi, yang merupakan salah satu peninggalan dari para leluhur kita," jelas Babe Muklis. 

Dalam sesi acara terselenggara, senam bersama, pertunjukan budaya Betawi dan seni bela diri tradisi yang di ikuti oleh masing-masing perguruan, talkshow Kampung Bukit Duri yang dihadiri oleh H Sodiq (Tukang Ojek Pengkolan) dan Fauz Mini (KW), Bazar Kuliner UMKM. 
(*AFG)

Budaya Betawi# Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar