Wali Kota Bima Buka Pacuan Kuda Wali Kota Cup Secara Resmi: Warisan Budaya Bima Pacoa Jara Tradisional

Kota Bima, Media Budaya Indonesia.Com - Wali Kota Bima HM. Rum membuka pacoa jara (pacuan kuda) tradisional Wali Kota Cup Tahun 2023 di Arena Pacuan Sambinae pada Kamis, 16 Nopember 2023 sekitar pukul 13.00 wita.

Turut hadir pada pembukaan mantan Wakil Walikota Bima Fery Sofyan, Kepala Dinas P3A, Lurah Sambinae, Camat Mpunda serta pejabat Lingkup Pemkot Bima, perwakilan Dandim 1608/Bima, Perwakilan Kapolres Bima Kota dan Ketua STIE Bima.

Dalam sambutannya HM. Rum menyampaikan, pacoa jara harus di jadikan industri di Kota Bima, dapat mendorong UMKM di Kota Bima, bagi warga sekitar arena. Kemudian ia menginginkan dibuatkan parade kuda, berkuda sambil memanah untuk dilombakan di Kota Bima.

“Mataram punya Motor GP sedangkan Bima punya budaya pacuan kuda tradisional. Yang terpenting kelengkapan juki harus diperhatikan dengan baik,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, HM. Rum berharap mudah-mudahan pacuan tersebut dapat membantu menurunkan inflasi di Kota Bima.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pacuan Sudirman DJ menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan program Kalender Pordasi yang menggunakan APBD Kota Bima, untuk kuda yang mendaftar pada event sekarang sebanyak 718 kuda.

Hadiah disediakan oleh Pemkot dan dibantu dari anggaran pendaftaran. Dalam event tersebut, ia berharap ada tambahan bantuan anggaran dari Pj. Wali Kota Bima untuk memberikan tambahan anggaran untuk penambahan hadiah.

Dalam pengurusan ijin, Kompol H. Taufik, SIP dan Kompol Mujahidin, S. Sos asli Bima di Polda NTB sangat berjasa yang ikut berpartisipasi keluarnya ijin dalam event ini.

“Untuk para juki sudah disediakan BPJS dan SIM sesuai kelas kuda,” terangnya.

(Atma)

Pemprov Bima #Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar