Dandim 0502 Jakut Hadiri Undangan Pembinaan Komponen Cadangan Dimasa Tidak Aktif

  • Redaksi
  • Jumat, 17 Maret 2023 17:03
  • 58 Lihat
  • TNI

Kodam Jaya - Jakarta Utara I Media Budaya Indonesia.Com -  Pasukan Komponen Cadangan ( Komcad ) yang dibentuk oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia merupakan pasukan cadangan untuk membantu perkuatan TNI dibidang Pertahanan Negara. 

Saat ini setelah di didik dan dibentuk secara resmi pasukan Komcad tersebar di seluruh wilayah Indonesia. dalam tahap lanjutan maka Kementrian Pertahanan melakukan pembinaan anggota komcad dimasa tidak aktif, yang digelar di PT Ridho Agung Mitra Mandiri, Jalan Kapuk Kamal Raya nomer 32 Penjaringan Jakarta Utara Kamis ( 16/3/2023 ).

Dipimpin Direktur Sumber Daya Pertahanan ( SDP ) Ditjen Pothan Kementrian Pertahanan Brigjen TNI Fahrid Anwar SH, mengatakan bahwa tujuan pembinaan terhadap anggota Komponen cadangan ini adalah untuk memperkuat pertahanan Negara, nusa dan bangsa.sesuai araturan perundangan bahwa konsep ini merupakan pembinaan dimasa tidak aktif, salah satu fungsi Kemhan melaksanakan pembinaan administrasi terutama masalah data identitas anggota Komcad,  mulai dari data tempat tinggal yang terbaru, pekerjaan status pernikahan.
Regulasi baru  ada undang-undang  nomor 23 kan  hal-hal yang perlu dievaluasi dan  ada perubahan-perubahan mungkin yang bisa dirubah dalam waktu cepat, agar terjalin erat antara anggota komcad dengan Kemhan dalam rangka pembinaan personil terutama secara administrasi. 
Kemhan merencanakan akan membangun pangkalan Komcad di Jakarta dan akan koordinasi dengan Korem dan Kodim terkait lahan yang luas untuk bisa membangun gudang - gudang. Rindam saat ini sdh ada alat komunikasi sebanyak 60 radio dan 1 repiter, Tiga bulan latihan Komcad agar bisa menjadi roll model  shg mempunyai kesadaran bela negara dan aksi nyata bela negara yang tinggi kemudian sebagai motor penggerak dalam mewujudkan integrasi persatuan Bangsa," pungkas Brigjen TNI Fahrid Anwar SH.

Selaku pemangku wilayah Teritorial kota administratif Jakarta Utara, Dandim 0502 Jakarta Utara Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang MIR, MMAS, Ph D, FHEA menyampaikan bahwa acara Pembinaan Komponen Cadangan dimasa tidak aktif ini sangat perlu dilakukan, mengingat bahwa anggota Komponen cadangan merupakan anggota," Tutup Frega Wenas Inkiriwang.(*NK)

Kodam Jaya #Kodim 0502 Jakut #Media Budaya Indonesia.com

Komentar

0 Komentar