Gelar Budaya Tahunan Setiap Mau Memanen Tebu, Yang Digelar di Pabrik Gula Sindang Laut Kec. Sindang Cirebon Jawa Barat

Cirebon I Media Budaya Indonesia.Com - Acara tahunan untuk memanen tebu buat gula pasir,  diselenggarakan di pabrik Sindang Laut,  Jl. PG .  Sindang Laut  Kec. Lemah abang Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Rabu (17/5/2023).

Panggelaran ini merupakan tradisi nenek moyang kita dari dulu tradisi ini masih diadakan setiap tahunnya.Acara ini yang di wariskan para pendahulu kita para leluhur di Jawa Barat.

" Dari tahun ke tahun setiap mau memanen tebu untuk dibuat gula pasir, acara diadakan pagelaran kesenian asli Jawa Barat.Kesenian ini ada wayang golek, layar tancap, tarian jaipong dan tarling."

Tradisi ini dari zaman Colonial Belanda, dihadiri oleh ketua adat dan sesepuh kota Cirebon. Para sesepuh dan ketua adat mengambil tebu secukupnya. dan di dandani seperti layaknya pengantin perempuan dan laki-laki seperti layaknya sepasang pengantin, dan diarak di alun-alun Lemah Abang.Sepasang pengantin ini menaiki kereta kuda layaknya pengantin sambil diiringi musik khas Cirebon Jawa Barat.

Masyarakat kecamatan Lemah abang antusias untuk menyaksikan Pesta rakyat dan orang Jawa Barat bilang Bancak,an . (Ai Sumanta)

Kesenian Cirebon # Pemkot Cirebon # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar