Lanal Bengkulu Gelar Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami

  • Redaksi
  • Jumat, 18 Oktober 2024 22:15
  • 29 Lihat
  • TNI

TNI AL, Bengkulu, Media Budaya Indonesia.Com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menggelar Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami berkolaburasi dengan Basarnas dan BPBD Provinsi Bengkulu, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu, Jumat (18/10/2024).

Kegiatan ini adalah bentuk sinergitas dan kolaborasi dari Lanal Bengkulu dan stakeholder terkait yaitu BPBD dan Kakansar Bengkulu. Tujuan dari latihan untuk melatih prajurit dan masyarakat agar lebih tanggap, waspada dan siap siaga serta memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Dengan terselenggaranya Latihan Penanggulangan Bencana ini, diharapkan prajurit dan masyarakat dapat memahami dalam bertindak ketika situasi benar-benar terjadi serta mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman, sehingga meminimalisir terjadinya korban jiwa," kata Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Octo Manurung, S.T  saat Upacara Pembukaan tersebut.

Danlanal Bengkulu menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu merupakan daerah dengan kerawanan bencana alam Gempa Bumi yang tinggi dan  tanah longsor, serta kemungkinan tsunami di Perairan Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Penanggulangan bencana alam merupakan upaya berkelanjutan untuk mengurangi dampak bencana terhadap personel dan material. Dengan latihan ini diharapkan meminimalisir dampak dari bencana alam. 

Pelatihan ini juga untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya sikap sadar bencana dan penanganannya. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami hingga simulasi kesiapsiagaan bencana dan evakuasi mandiri saat gempa bumi dan tsunami. 

(Pen Lanal Bengkulu/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar