Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Layanan Posyandu Ibu Hamil Dan Balita di Perbatasan

  • Redaksi
  • Sabtu, 19 Februari 2022 12:53
  • 46 Lihat
  • TNI

Sambas, Kalbar l Budaya Indonesia – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns membantu pelayanan posyandu bagi ibu hamil dan balita bertempat di Posyandu Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Sabtu (19/02/2022).

Dansatgas mengatakan 3 orang personel Pos Sungai Tengah dipimpin Praka Hasan Udin membantu para tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Desa Sebubus dalam kegiatan bakti kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kec. Paloh.

Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat, terang Dansatgas.

“Pemeriksaan kehamilan dengan rutin merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil agar mereka dapat mejalankan kehamilannya dengan normal dan janin yang di kandungnya dalam keadaan baik,” ujar Dansatgas.

Terpisah Danpos Sungai tengah Sertu Chandra mengatakan kegiatan Posyandu ini rutin dilaksanakan sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan masyarakat di bawah pembinaan Puskesmas untuk mengawasi dan mengecek perkembangan janin ibu hamil, pertumbuhan anak usia balita, menurunkan angka kematian bayi (AKB), menurunkan resiko kematian pada ibu melahirkan dan menghindari penyakit seperti campak, polio, dan hepatitis.

“Kami ingin selalu bisa membantu program Pemerintah yang dapat mensejahterakan rakyat di wilayah perbatasan, salah satunya dengan kegiatan posyandu ini,”ucap Danpos.

Sementara itu Bapak Fajar selaku koordinator Posyandu mengatakan kami sangat terbantu dengan kehadiran personel Satgas Pamtas disini karena kami kekurangan tenaga kesehatan dan juga personel Satgas Pamtas selalu hadir membantu kami disini.

“Di harapkan dengan kegiatan Posyandu ini dapat meningkatkan kesehatan bagi ibu hamil dan para balita di Dusun Sungai Tengah Desa Sebubus ini,” ucap Fajar. (Pen Satgas Pamtas 643/Red)

Komentar

0 Komentar