Hadiri Pesantren Subuh Masjid Al - Muhajirin, Pangdam V Brawijaya : Saya Kira Memakmurkan Masjid itu Begini

  • Redaksi
  • Senin, 20 Maret 2023 00:34
  • 63 Lihat
  • TNI

 

SURABAYA l Media Budaya Indonesia.com - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, MA., mengatakan bahwa Masjid merupakan center of gravity kegiatan masyarakat. Hal itu disampaikan pada saat jenderal bintang dua tersebut memberikan motivasi kebangsaan pada Wisuda Santri/Wati Pesantren Subuh di Masjid Al-Muhajirin, Kebraon, Surabaya, Minggu (19/3/2023).

Mayjen Farid Makruf mengisahkan bagaimana masa kecilnya yang lekat dengan Masjid. Mengaji pun di masjid, di kampungnya di Bangkalan, Madura.

"Momen ini mengingatkan saya pada masa kecil dimana saya mengaji dan beraktifitas di masjid Kampung kelahiran saya," imbuhnya.

Masjid, lanjut Pangdam, bisa menjadi tempat melakukan anjangsana dan komunikasi sosial antar elemen masyarakat sehingga bisa menjadi tameng dari gempuran budaya asing dan radikalisme.

"Dengan memakmurkan masjid melalui Kebraon Mengaji ini. Pesantren Subuh ini, maka generasi muda kita dapat dicegah dari budaya buruk seperti narkoba, gaya hidup bebas dan tentunya seperti yang menjadi salah satu gerakan kami yaitu deradikalisasi," tandasnya.

Pangdam pun mengisahkan ketika dirinya ditempatkan di Bima, Nusa Tenggara Barat dan Poso, Sulawesi Tengah bagaimana justru masjid direbut sebagai pusat gerakan radikal. Karenanya, menurut Pangdam, dari Masjid pula gerakan deradikalisasi dapat pula dilakukan.

"Saya mengapresiasi kegiatan di Masjid ini. Akan saya sampaikan ke Ibu Gubernur nanti bahwa di Kebraon ada Masjid Al-Muhajirin yang menjadikan Masjid sebagai center of gravity keumatan. Menjadikan masjid sebagai pesantren. Harapan saya, sekiranya kegiatan disini terus dilanjutkan sehingga bisa memberikan manfaat dalam membentuk masyarakat Muslim yang Rahmatan Lil Alamin dan berperan positif bagi bangsa dan negara," pesannya mengakhiri sambutan motivatifnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Al-Muhajirin Drs. H. Qomari, mengapresiasi kehadiran Pangdam V Brawijaya yang telah berkenan menyapa santri/Wati Pesantren Subuh dan masyarakat Masjid Al-Muhajirin.

"Kami sangat berbahagia dan berbangga hati karena di tengah kesibukan Bapak Pangdam V Brawijaya dan jajarannya, masih berkenan hadir untuk menyapa kami masyarakat Masjid Al-Muhajirin. Semoga sentiasa sehat dan diberkahi sehingga bisa terus menjadi pribadi bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya.

(BUS/BTI/MBI)

Surabaya # Media Budaya Indonesia.com #TNI#

Komentar

0 Komentar