Kendalikan Gulma, Babinsa Bantu Penyiangan Petani Padi

  • Redaksi
  • Jumat, 19 April 2024 17:13
  • 89 Lihat
  • TNI

Sragen,  Media Budaya Indonesia.Com - Dengan semangat dan tidak ada rasa ragu Serka Juhari Babinsa Desa Soko Koramil 16/ Miri Kodim 0725/Sragen bersama petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal, Jum’at ( 19/04/2024 ).

Menurut Serka Juhari gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala petani padi memperoleh hasil panen maksimal.  Keberadaan gulma mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan sehingga petani perlu melakukan penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida.

Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi, yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,
“Dengan dilakukan penyiangan serta pencabutan gulma itu diharapkan tanaman padi dapat tumbuh merata dan mendapatkan hasil panen yang maksimal,” terangnya.

Sementara itu, pemilik sawah Bp. Suwardi  mengaku senang dengan kehadiran Babinsa lantaran sawahnya yang luas, pihaknya merasa terbantu sehingga pekerjaannya cepet selesai.
“Iya kami berterima kasih banyak, karena sawah kami yang luas bisa dikerjakan dengan cepat dengan kehadiran babinsa,” ungkapnya.

(Red)

TNI AD Sragen # Kodam Jaya # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar