Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

  • Redaksi
  • Kamis, 19 Mei 2022 12:44
  • 199 Lihat
  • Kuliner

Tasikmalaya l Budaya Indonesia - Tasikmalaya yang terkenal juga dengan Kota santri ternyata memiliki berbagai macam makanan khas yang enak untuk dinikmati, salah satu makanan khas Kota Tasikmalaya yang wajib dicoba selain nasi tutug oncom adalah nasi cikur, Kamis (19/5).

Cikur (Bahasa Sunda) berarti kencur . Tanaman obat ini juga merupakan bumbu dapur yang sedap. Masyarakat Tasik mengolahnya menjadi nasi goreng kencur atau dikenal dengan sebutan nasi cikur.

Bumbunya memakai kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya. Ini membuat nasi cikur terasa lebih renyah meskipun mungkin ada sedikit rasa getir dan aromanya jadi harum mengundang selera. 

Menyantap nasi cikur dipagi hari akan semakin nikmat dengan tambahan beragam lauk, seperti telur dadar, ayam goreng, lalapan, mendoan, dan tentunya sambal hijau /merah.
Salah seorang penjual nasi cikur di Jalan Kolektoran Kota Tasikmalaya, mengatakan, cara membuat nasi cikur cukup mudah.
Cikur sebagai bahan utama ditumbuk kemudian digoreng. Sebelum benar-benar matang masukan irisan bawang merah kemudian masukan nasi dan garam  secukupnya.

"Kalau rasanya mau pedas tinggal masukan sambal langsung saat goreng," ujarnya
Setelah masak, nasi cikur dituangkan ke atas piring dan diberi potongan mentimun dan tomat sebagai pelengkap. Jangan lupa siapkan kerupuk agar menyantap nasi cikur semakin nikmat.
Pelengkap nasi cikur antara lain orek tempe, telur dadar rawis, kering kentang khas Tasik, timun, kerupuk putih, dan sambal goang pedas.

Komposisi resep yang pas agaknya jadi alasan nasi cikur di sini begitu diminati. Apalagi harganya juga terbilang murah antara 8rb sampai 10rb dan Nasi Cikur ini enak dimakan  sebagai sarapan pagi. Dan biasanya jam 08.00.-09.00 sudah habis terjual, disepanjang jalan utama kota tasik anda akan mudah sekali menemukan penjual Nasi Cikur apalagi saat minggu pagi yang lumayan ramai pembelinya. 
Resep Nasi Cikur ::
Bahan-bahan
600 gr nasi putih
2 telur
5 buah cabai rawit, iris halus
2 batang daun bawang, iris
1 sdm bumbu masak penyedap
0.5 sdt merica
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 cm Kencur
3 sdm minyak goreng segar untuk menumis

Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kencur.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan bumbu masak penyedap , merica, dan cabai rawit.
4. Masukkan nasi. Aduk rata. Masukkan daun bawang.
5. Sajikan bersama pilihan lauk lainnya . 
Selamat mencoba... 

Rdj/Tsm
(Dihimpun dari berbagai Sumber) 
Resep koleksi happyfresh

Tasikmalaya # Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar