PELETAKAN BATU PERTAMA KAMPUNG BAHARI NUSANTARA OLEH DANLANAL BINTAN

  • Redaksi
  • Kamis, 19 September 2024 22:37
  • 26 Lihat
  • TNI

TNI AL, Bintan, Media Budaya Indonesia.Com - Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., melaksanakan kegiatan pencanangan dan peletakan batu pertama pembangunan gapura Kampung Bahari Nusantara Lanal Bintan di Kampung Sei Lepan, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kamis (19/09/2024).

Alasan dipilihnya Kampung Sei Lepan ini karena di kampung tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan budidaya kepiting bakau baik sumber daya alam dan habitatnya. Kampung ini memiliki potensi untuk dikembangkan budidaya kepiting bakau karena di kawasan tersebut banyak ditumbuhi tumbuhan bakau, sehingga sangat memungkinkan kepiting bakau bisa berkembang biak dengan baik di lokasi tersebut.

Dalam sambutannya, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengatakan Program Kampung Bahari Nusantara merupakan tonggak penting dalam upaya kita untuk mewujudkan kawasan pesisir yang berkelanjutan. Kawasan maritim yang kita miliki mempunyai peran yang sangat strategis dalam memperkuat perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan adanya program Kampung Bahari Nusantara, kita akan membuka pintu kesempatan baru bagi pembangunan ekonomi dan sosial di wilayah pesisir Kampung Sei Lepan. Potensi ekonomi akan berkembang, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, serta memberikan peluang inovasi dan kreativitas disektor kelautan dan perikanan. Oleh sebab itu, Kampung Bahari Nusantara menjadi bukti nyata semangat dan komitmen kita sebagai kawasan maritim yang jaya. Kawasan ini akan menjadi pusat kegiatan yang memadukan kearifan lokal dan inovasi untuk mengangkat jiwa maritim bangsa ketingkat yang lebih tinggi. 

Lebih lanjut, Danlanal Bintan juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan program Kampung Bahari Nusantara ini, baik itu pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta, dan semua pihak yang telah mendukung dengan ikhlas dan sepenuh hati. 

"Keberhasilan program ini akan sangat bergantung pada semangat kolaborasi dan kerjasama kita semua. Saya ingin mengajak seluruh hadirin untuk tetap komitmen dalam menjaga lingkungan pesisir dan lautan kita, lestarikan kearifan lokal yang telah menjadi bagian dari identitas kita. Mari kita bergandengan tangan, bersatu padu, dan bekerja untuk mewujudkan bangsa maritim yang jaya,“ ungkap Danlanal Bintan mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Bintan Ronny Kartika, S.STP., M.M., juga berharap adanya pendampingan terhadap masyarakat nelayan di Kampung Sei Lepan, kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menaikkan program unggulan sebagai contoh adalah pembudidayaan kepiting dan lainnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Acara diakhiri dengan pembagian sembako kepada masyarakat, pembagian Buku Iqro’ kepada Pengurus Masjid Ad Dakwah Sei Lepan, penyerahan alat olahraga kepada Ketua Karang Taruna Kampung Sei Lepan, dan penyerahan crab box kepada Perwakilan Masyarakat Nelayan di Kampung Sei Lepan.

(Pen Lanal BintanBintan/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar