Dalang Ki. Gunarto Pentas Wayang Milenial, Dihari Air Sedunia Dengan Lakon: Baladewa Menjadi Raja di TIM Jakarta

Jakarta I Media Budaya Indonesia.Com -
Cuaca di gedung kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, sabtu malam ini 18 maret 2023 begitu cerah tiada hujan.
Ada beberapa agenda penting akan digelar digedung TIM tersebut.
Salah satunya dalam rangka memperingati hari air sedunia (World Water Day) dalang KRT.Ki.H.Gunarto Gunotalijendro Gunodipuro MH.MM pentas wayang kulit Milenial Jakarta dengan mempersembahkan lakon ; Baladewa Menjadi Raja.

Dalang yang sangat piawai memainkan wayangnya salto sawengi ping seket tersebut bergiat pagelaran wayang kulit kali ini atas prakarsa penyelenggara yaitu, Andaru Atnyono.MSi sebagai ketua Perhimpunan Pemberitaan Keunggulan Nusantara (PPKN).
Hadir juga ikut menyaksikan Ketua badan penghubung provinsi Jawa Tengah, Rusturino SIP.MM.
Serta didukung oleh Paguyuban Kusumo Hondrowino (KH) korwil DKI Jaya dan sekitarnya.

Ketua KH DKI Jaya KRA.P.Mulyatno Prawirodiningrat.SH.MH turut hadir juga memeriahkan malam ini, serta memberikan plakat piagam penghargaan  kepada Ki Gunarto sang maestro Dalang Duta Budaya Eropa dan Jepang.
Sudah tidak terhitung jumlah pagelaran beliau sebagai wayang Milenial Jakarta.
Yang selalu mengusung tema anak muda sehingga misi beliau, generasi Milenial bisa lebih mengenal budaya Nusantara dan mencintai budaya wayang kulit ini sebagai budaya yang Adiluhung.
Hadir juga ketua PEPADI DKI Jakarta, RT.Agus Joko Riyono.MM.
 
Bersinergi dengan Komunitas Wayang Nusantara (KWN) pula hadir bersilahturahmi beberapa Kominitas Wayang (KW) se Jabodetabek menikmati pagelaran malam ini dengan antusias.
Karena saat inipun sangat pas waktunya jelang bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan dilaksanakan ibadah puasa bagi umat Islam.

Ki Dalang dalam pementasan lakon Baladewa Menjadi Raja seperti biasanya, banyak humor, lelucon selera Milenial, joke-joke yang sedang trend saat ini tidak lupa diselipkan.
Beliau juga memberi selingan para sinden untuk melantunkan tembang-tembang campur sari, lagu barat dan lagu yg sedang trend masa kini.
Sehingga tontonan menjadi segar, menarik dan enggan untuk pulang sebelum usai.

Ki Gunarto saat ini yang bergelar sebagai ; Datuk Manggala Budaya Sastra Diraja dalam kiprah karyanya semoga makin meroket, mendunia, dikenal dan sukses selalu dalam setiap pentasnya.
Dan selalu binerkahan lan karahayon Gusti Kang Moho Agung.
Rahayu~rahayu~rahayu. (Christy/*NK)

Pemkot DKI #Media Budaya Indonesia.com

Komentar

0 Komentar