Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang Gelar Simulasi PEK Tahun 2023

  • Redaksi
  • Kamis, 20 Juli 2023 14:45
  • 41 Lihat
  • TNI

TNI AL, Palembang I Media Budaya Indonesia.Com - Untuk meningkatkan profesionalisme, Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang menggelar Latihan Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK) yang dibuka secara resmi oleh Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, bertempat di Ruang Sultan Mahmud Badaruddin II Mako Lanal Palembang, Kamis (20/7/2023).

 
Latihan Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK) di Pendirat ini meliputi teori di kelas serta praktek di lapangan. Dimana latihan tersebut disimulasikan bahwasanya telah terjadi kebakaran di Mako Lanal Palembang tepatnya di Gudang Perbekalan. Perkiraan awal disebabkan oleh konsleting listrik akibat kelebihan beban tegangan disaat pekerja bangunan sedang melaksanakan pekerjaan pengelasan.

Personel yang pertama melihat kebakaran berteriak “kebakaran” dan mengambil Apar (Alat Pemadam Kebakaran) serta berusaha melakukan pemadaman awal dan melaporkan kejadian ke Penjagaan Mako Lanal Palembang. Kemudian dengan segera Perwira Jaga (Paga) membunyikan lonceng tanda bahaya kebakaran serta melaporkan kejadian tersebut ke Pos Komando Utama (PKU). Selanjutnya Pos Komando Utama (PKU) memerintahkan PK-PEK untuk segera menanggulangi pemadaman di lokasi kebakaran.

Sementara itu, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan menyampaikan tujuan dari kegiatan Latihan Penangulangan Kebakaran (PEK) untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan sebab-sebab terjadinya kebakaran, mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran. 

"Melalui latihan simulasi kebakaran ini, kita berharap bisa memahami satu hal bahwa bencana kadang tak pernah dapat diduga kapan datangnya, dan setiap usaha evakuasi bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, sehingga seluruh Prajurit Lanal Palembang  memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana harus bertindak untuk tetap tidak panik saat menghadapi bencana kebakaran," ujar Danlanal Palembang.

"Seluruh Prajurit Lanal Palembang baik yang berada di Mako, Unsur KAL, Patkamla, Prajurit Pengawak Posal, maupun Binpotmar agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, karena lingkungan kerja kita dikelilingi oleh bahan yang mudah terbakar juga bahan yang mudah meledak. Untuk itu, saya berharap seluruh prajurit dapat meningkatkan keterampilan terkait cara memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam serta meningkatkan kewaspadaan dan peduli terhadap lingkungan," ungkap Danlanal Palembang.

Seluruh Prajurit Lanal Palembang yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Kebakaran (PEK) bertanggung jawab penuh atas terciptanya lingkungan kerja yang kondusif dengan meminimalisir sekecil mungkin resiko terjadinya kebakaran di tempat kerja.
(Pen Lanal Palembang/*NK)

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar