Harvesting Ceremony Gernas BBI dan BBWI, Pj. Gubernur Heru Harapkan Pengembangan UMKM

  • Redaksi
  • Senin, 20 November 2023 21:18
  • 59 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Barat, Media Budaya Indonesia.Com -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Harvesting Ceremony sebagai acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Taman Fatahilah, Jakarta Barat (19/11). Acara yang berlangsung pada 18-19 November tersebut mengusung tema ‘Karya Jakarta untuk Indonesia Hebat’.
 
Diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan serta pengembangan beragam produk dan pariwisata di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri bangsa terhadap potensi serta kualitas produk buatan dalam negeri.
 
Hal tersebut sejalan dengan Keputusan Presiden RI No. 15 Tahun 2021 Tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, bahwa Gernas BBI diluncurkan untuk lebih mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan, mengembangkan, mempromosikan produk buatan Indonesia. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi di Jakarta menjelang ulang tahun Jakarta di tahun mendatang,” ujar Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
 
Agenda ini juga dihadiri Odo R. M. Manuhutu selaku  Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Loto S. Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Elisabeth Ratu Rante Allo selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Andhika Permata selaku Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Arlyana Abubakar selaku Kepala Perwakilan BI Jakarta, beserta sejumlah jajaran terkait lainnya.
 
Untuk memberikan wadah pemasaran yang lebih luas sekaligus memeriahkan kegiatan Harvesting Ceremony tersebut, sebanyak 70 booth UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta, Bank Indonesia, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga dihadirkan dalam pameran produk UMKM unggulan.
 
Tak hanya itu, Harvesting Ceremony ini juga sekaligus menjadi malam penganugerahan bagi para pemenang kompetisi yang telah diselenggarakan sebelumnya sebagai rangkaian Gernas BBI-BBWI. Terdapat pula panggung hiburan mulai dari pagelaran budaya tari daerah, hingga penampilan artis Ibu Kota.

Sejak kickoff pada 8 September 2023, terdapat beragam kegiatan untuk mendorong UMKM naik kelas, antara lain pelatihan dan pendampingan bagi UMKM termasuk business competition dan pendampingan kepada desainer muda SMK serta sekolah vokasi, peningkatan jumlah UMKM yang onboard ke e-commerce, hingga perluasan akses pasar melalui showcase produk seperti bazar maupun pelaksanaan business matching yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta maupun BUMN melalui PaDi UMKM. (Sutarno/NK)

Pemprov DKI # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar