Dijadikan Ikon Baru, Jakarta Utara Unggulkan Penanaman Jeruk Limau

  • Redaksi
  • Senin, 21 Maret 2022 13:45
  • 78 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara l Budaya Indonesia  - Jeruk jenis limau menjadi tanaman unggulan yang mulai massif penanamannya di Jakarta Utara.

Jeruk jenis limau digadang-gadang akan menjadi ikon baru gerakan urban farming (pertanian perkotaan) sebagai upaya ketahanan pangan masyarakat.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis mengatakan, pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang masyarakat belajar banyak hal tak terkecuali berkebun. 

Seperti halnya penanaman tiga puluh bibit jeruk limau yang akan menjadi ikon baru di Jakarta Utara sekaligus sebagai penguatan ketahanan pangan masyarakat.

"Karena pandemi kita belajar hal-hal baru. Mendorong kita belajar menjadi seorang yang lebih maju. Ini kita akan menanam tanaman yang menjadi khas Jakarta Utara, jeruk limau. Kalau ada jeruk ini ibu-ibu bisa buat sambal," kata Fery Farhati Ganis saat ditemui di Kebun Produktif Taman Hatinya PKK Melur 06, RW 06 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/3).

Terkait Kelas Berkebun yang sudah digelar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun lalu, disebutkannya menuai manfaat peningkatan hasil panen. 

Dengan memanfaatkan lahan kosong dan hidroponik, masyarakat dapat menanam beragam jenis tanaman yang manfaatnya bisa dirasakan bersama.

"Mudah-mudahan ini tidak berhenti begitu saja. Kami mengapresiasi siapa pun yang menjaga ketahanan pangan dengan menjaga merawat kebun dengan baik," jelasnya.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim penanaman jeruk limau menambah motifasi masyarakat dalam aktifitas urban farming sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga. 

Bukan hanya dikonsumsi pribadi, hasil urban farming bisa menambah penghasilan pendapatan keluarga atau pun kelompok tani.

"Poin utamanya niatkan untuk saling memberi untuk sekitar, dengan memberi kita mendapatkan kebahagiaan dari orang yang kita beri," tutupnya.

Selain di Kebun Produktif Taman Hatinya PKK Melur 06, RW 06 Kelurahan Sunter Agung, diketahui penanaman jeruk limau juga dilakukan di kebun RW 010 Kelurahan Sunter Jaya. 

Kegiatan di kedua lokasi dirangkai dengan beragam aktifitas panen baik panen sayuran maupun ikan lele. (Red)

Komentar

0 Komentar