Akhiri Ramadhan, Danlantamal XII Semarakkan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023

  • Redaksi
  • Jumat, 21 April 2023 07:49
  • 7 Lihat
  • TNI

 

Pontianak I Media Budaya Indonesia.Com - TNI AL, Lantamal XII,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto turut hadir dalam Seremonial Pembukaan Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023 di Jalan Tanjung Harapan Gg. Muhajirin Banjar Serasan, Pontiana, Kalimantan Barat, Kamis (20/04/2023).

Sebanyak 180 balok meriam menyemarakkan festival disepanjang Sungai Kapuas akhir dari Bulan Ramadhan dan siap menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah melalui Festival Meriam Karbit.

Meriam tersebut terbuat dari kayu dengan diameter 50 sampai 70 centimeter dan memiliki panjang 5 sampai 6 meter kemudian dihias sedemikian rupa agar terlihat estetik. Bahan yang digunakan untuk meledakkannya yaitu karbit dan akan menghasilkan suara yang menggelegar.

Festival Meriam Karbit mengingatkan warga kepada sejarah serta mencerminkan makna keberanian. Tradisi ini biasa dilaksanakan pada akhir Bulan Ramadhan dan khas milik Pontianak.

Tiga tahun lamanya masyarakat Pontianak menantikan Festival Meriam Karbit ini karena terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019 yang vakum disebabkan pandemi Covid-19. Maka festival tahun ini diselenggarakan dengan sangat meriah yang mengusung tema bebas dan memperebutkan hadiah total 44 juta rupiah.

Dalam Festival Meriam Karbit Kota Pontianak Tahun 2023 ini dihadiri jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat dan Forkopimda Kota Pontianak, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Pontianak, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. (Dispen Lantamal XII/MBI)

 

TNI AL # Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar