Tiga Kelurahan Komitmen Bentuk Kader IBM Pulihkan Penyalahgunaan Narkotika

  • Redaksi
  • Rabu, 22 Februari 2023 17:52
  • 73 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara I Media Budaya Indonesia.Com  - Tiga kelurahan di Jakarta Utara, yakni Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Papanggo, dan Kelurahan Pademangan Timur komitmen dalam membentuk kader Intervensi Berbasis Masyarakar (IBM). 

Kesepakatan itu menyusul ditetapkannya ketiga kelurahan sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) dalam Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara pada periode Tahun 2023.

Ketua Tim Rehabilitasi, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, dr. Novianti Purnamasari mengatakan telah membentuk kader IBM pada Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Papanggo, dan Kelurahan Pademangan Timur. Hal itu sebagai tindak lanjut terhadap penetapan Kelurahan Bersinar pada periode 2023.

"Kita sudah membentuk kader IBM di tiga kelurahan ini sebagai tindak lanjut dalam menjalani program Kelurahan Bersinar pada periode tahun 2023," kata dr. Novianti Purnamasari saat dikonfirmasi, Rabu (22/2). 

Dijelaskannya, para kader dibekali materi-materi penjangkauan terhadap penyalahgunaan narkotika. Para kader juga dibekali rompi sebagai identitas dalam menjalankan tugasnya. 

"Mereka (para kader) secara mandiri akan melakukan penjangkauan terhadap masyarakat yang mau pulih dari ketergantungan narkotika melalui Rehabilitasi di BNNK Jakarta Utara. Kader ini tentunya dari masyarakat sekitar yang cakap dan mengenali seluk beluk wilayahnya," jelasnya. 

Terhadap Kelurahan Bersinar, dia memastikan program IBM hadir dengan konsep adanya keterlibatan dan sinergitas seluruh unsur pemerintah, unsur masyarakat, dan pemangku kepentingan (stakeholder) di setiap wilayah. 

Tentunya semua itu tidak terlepas pada pemantauan dan koordinasi intens terhadap BNNK Jakarta Utara. 

"Ini semua merupakan upaya menyukseskan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba). Pastinya beragam edukasi, advikasi, dan informasi P4GN digencarkan pada ketiga Kelurahan Bersinar tersebut," tutupnya.(*NK)

Pemkot Jakarta Utara # Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar