Pawai Obor Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H di Tugu Selatan

Jakarta Utara l Media Budaya Indonesia.com - Pawai obor atau pawai tahrib Ramadhan yang di laksanakan pada minggu malam tanggal 19 Maret 2023 oleh warga muslim kelurahan Tugu Selatan kecamatan Koja Jakarta Utara merupakan tradisi tahunan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. 

Pawai tahrib ini di laksanakan bersama Jamaah Masjid Nurul Janah, Jamaah Musholla Arraudhoh, dan warga kampung Mangga. Setelah sholat Isya pawai obor di mulai dari Masjid Nurul Janah berkeliling di wilayah kampung Mangga dan kembali ke Masjid Nurul Janah.

Ketua Panitia Wahyu dari jemaah Masjid Nurul Jana memimpin pawai obor tersebut, ia naik di atas gerobak dengan towa dan beduk yang di tabuh rekan - rekan panitia berkeliling wilayahnya dengan melantunkan lagu Marhaban ya Ramadhan.

Dalam rangka turut menjaga ketertiban serta keamanan kegiatan ini juga di hadiri pihak FKDM Kelurahan Tugu Selatan, Sri Rahmawati yang langsung turun dalam pawai obor tersebut.

Tradisi pawai ini selain peserta membawa obor ada beberapa kesenian yang di tampilkan juga diantaranya, Beduk alat musik tabuh biasa digunakan untuk penanda waktunya sholat sebelum azan berkumandang, Rebana kasidah untuk pengiring lagu religi/nasyid, Bas drum ban yang biasanya di padu dengan marawis, ada juga dekorasi tongkat Kembang Mayang biasanya untuk arak-arakan dengan ondel - ondel, dengan sepanduk juga dan pamflet.

Marhaban ya Ramadhan 1444 H ada beberapa sepanduk dan pamflet yang bertuliskan dengan kata-kata tersebut, dengan penuh sukacita dan kegembiraan segenap warga menyambut bulan suci Ramadhan.
Ada sekitar 250 sampai 300 orang peserta ikut dalam kegiatan pawai obor.

Dengan penuh semangat dan riang gembira atas suksesnya pawai obor tidak mengalami kendala apapun.

"Wahyu ketika di temui wartawan dekat teras Masjid Nurul Janah berharap " dengan datangnya bulan Suci Ramadhan ini kiranya kita semua lebih meningkatkan keimanan dan amal ibadah," tutup Wahyu.

( Frans HR/MBI)

Pawai obor #Camat Koja #Media Budaya Indonesia#Pemkot Jakut#

Komentar

0 Komentar