Wakil Walikota Jakarta Utara Tinjau Area Waduk Belibis

  • Redaksi
  • Senin, 22 Agustus 2022 17:10
  • 51 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta Utara l Media Budaya Indonesia - Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini meninjau area pembangunan Waduk Belibis yang berlokasi di wilayah Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Senin (22/8). Keberadaan Waduk Belibis menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di tiga wilayah yaitu Semper Barat, Sukapura dan Pegangsaan Dua. 

"Kita minta kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta untuk dapat melanjutkan proyek pembangunan fisik Waduk Belibis. Lebih mempercepat proyek ini agar fungsi dari waduk itu bisa terlaksana dengan baik," imbau Juaini didampingi Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Neneng Hasanah, Kasudin SDA Kota Administrasi Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, dan Lurah Semper Barat, Maryono. 

Lahan seluas 3,8 hektar yang merupakan aset SDA telah dimanfaatkan untuk pembangunan Waduk Belibis tahap pertama yaitu pembuatan batas waduk dengan dam yang memiliki lebar 5 meter dan kedalaman 1,5 meter. Hingga saat ini, kedalaman waduk sekitar 3-4 meter. Setelah tahap pertama selesai maka akan masuk ke tahap konstruksi teknis yang didalamnya ada perluasan area berkaitan dengan pembebasan lahan dan pembangunan fisik yang mengarah ke ekowisata. 

"Proyek pembangunan Waduk Belibis harus cepat selesai karena ini sebagai langkah nyata untuk menangani permasalahan banjir. Kita akan kawal terus untuk pengerjaan dan pengamanan aset pemda milik SDA yang sudah dibebaskan agar pembangunan waduk bisa berlanjut dan tuntas," ungkap Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Neneng Hasanah. 

Kelanjutan dari proses pembangunan Waduk Belibis juga sangat dinantikan oleh warga setempat. "Ini menyangkut tiga kelurahan dan ribuan orang, banjir akan terus berlanjut kalau ini tidak segera dituntaskan. Saya harap pembangunan fisik waduk mohon dipercepat karena air itu tidak bisa dikompromi," ujar perwakilan warga Semper Barat, Bidin saat ditemui di area Waduk Belibis.(*Red)

Pemkot Jakarta Utara #Media Budaya Indonesia #

Komentar

0 Komentar