Baznas Provinsi Jawa Barat Melalui Jabar Bergerak Berikan Bantuan Bedah Rumah Pada Warga Desa Sriamur

  • Redaksi
  • Jumat, 23 September 2022 13:03
  • 102 Lihat
  • Berita Umum

Kabupaten Bekasi l Media Budaya Indonesia - Pemerintah Propinsi Jawa Barat, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Propinsi Jawa Barat dan Jabar Bergerak, memberikan bantuan kepada Ibu Pani Hanifah (36), warga Kp. Gabus Bulak Rt. 005/003 Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara terkait rutilahu/bedah rumah, pada Kamis (22/9/2022).

Kondisi rumah Ibu Pani Hanifah yang memang masuk kategori rutilahu ini, terpilih dalam bantuan program Baznas Propinsi Jawa Barat melalui Jabar Bergerak, karena kesiapan dan kelengkapan datanya yang sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. 

Maman Gery  selalu Sekjen Jabar Bergerak Kab. Bekasi menyampaikan," Maksud dan tujuan kami datang kesini adalah melaksanakan amanah dari Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Isteri, yang mana amanah tersebut dalam bentuk Bedah Rumah," ucapnya. 

"Alhamdulillah setiap Kabupaten/Kota se-Jawa Barat ini serentak ada kurang lebih 27 rumah yang mendapatkan program bedah rumah yang dilaksanakan antara Bulan September s/d Desember 2022," sambungnya. 

"InshaAllah nanti ada gelombang kedua untuk Kabupaten Bekasi, harapannya agar program Bedah rumah ini tepat sasaran dan dapat dinikmati secara bermanfaat oleh mereka yang betul-betul membutuhkan," kata Maman lagi. 

"Semoga program-program dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beserta istri melalui Jabar Bergerak, dalam konteks rutilahu / bedah rumah ini, benar-benar dapat terealisasi bagi mereka yang rumahnya memang tidak layak huni atau roboh sekalipun," terangnya. 

Sementara itu, Ketua RT setempat, Joyo juga mengucapkan  terima kasih kepada Jabar Bergerak karena bantuan Bedah rumah ini yang diberikan kepada salah satu warganya.
" Semoga semuanya bermanfaat, dan semoga  Gubernur Ridwan Kamil semakin maju dan sukses, "

Setelah memberikan sambutan dalam proses penyerahan anggaran secara simbolis kepada Ibu Pani Hanifah selalu Keluarga Penerima Manfaat Bedah Rumah dari Baznas Propinsi Jawa Barat melalui Jabar Bergerak, panitia melontarkan yel - yel untuk Jabar Juara. 

" Jabar, Juara.. Jabar, Juara... Jabar, Juara... " 

Sebagaimana diketahui, penentuan pendataan untuk rutilahu atau bedah rumah dari Jabar Bergerak, mekanisme awalnya adalah perintah atau seruan dari propinsi, dimana masing-masing kabupaten/kota  menyerukan atau mencari rumah-rumah yang tidak layak huni untuk dibedah. 

*Saya sudah berusaha untuk menyebarkan program ini ke setiap koordinator-koordinator kecamatan, untuk mencari rumah-rumah warga yang tidak layak huni. Dan saat ini, Ibu Pani Hanifah, warga Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kab. Bekasi yang mendapatkan program rutilahu ini " tutur Maman. 

"Semua itu dikarenakan Koordinator Kecamatan Tambun Utara Jabar Bergerak ini sangat siap dan sigap terkait kelengkapan data warganya," tambahnya. 

Dengan anggaran yang sudah siap dan ditetapkan dari Pemerintah Propinsi, realisasi oembongkaran akan dilakukan esok hari. Selain memberikan kesempatan kepada KPM untuk membenahi seluruh perabotan rumah tangganya, Ketua Panitia Jabar Bergerak juga mempersiapkan koordinator dilapangan selaku pemantau selama proses bedah rumah ini berjalan. 

Sebagaimana diketahui, proses pelaksanaan bedah rumah ini ditetapkan selama 15 hari kerja. Yang dimulai dari  pembongkaran awal sampai rampung. 

"Harapan saya, semoga dengan adanya program Bedah Rumah dari Jabar Bergerak ini minimal mengurangi keberadaan rumah-rumah warga yang tidak layak huni," ucap Maman. 

Sementara itu, Koordinator Jabar Bergerak wilayah Kecamatan Tambun Utara, Mawardi  menyampaikan bahwa dengan adanya program Bedah Rumah ini dirinya sangat bersyukur kepada Alloh SWT. Karena dengan persiapan yang sangat singkat dan mendadak, Bedah Rumah yang diserahkan kepada warga a.n  Ibu Pani Hanifah, Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara ini dapat direalisasi. 

" Sebagai Ketua Koordinator Jabar Bergerak wilayah Tambun Utara, dan juga selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sriamur, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketum Jabar Bergerak Ibu Atalia Kamil dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, serta Jabar Bergerak Kabupaten Bekasi yang telah mempercepat proses realisasi program Bedah rumah untuk warga kami," ungkap Mawardi. 

"Alhamdulillah, kami selalu LPM dan Jabar Bergerak selalu jalan bersama dalam rangka menampung aspirasi serta menyanpaikannya kepada pemerintah yang memiliki kebijakan, salah satunya Baznas Propinsi Jawa Barat, " sambung Mawardi. 

Warga yang tinggal dalam kondisi rutilahu di Desa Sriamur, menurut Mawardi kurang lebih 142 rumah. Sebanyak 15 unit sudah di alokasikan pada program Rutilahu APBD Kab. Bekasi di TA. 2022 ini, beberapa unit melalui aspirasi Dewan Propinsi, dan 1 
unit melalui program Basnaz Propinsi Jabar Bergerak," terangnya. 

" Kami akan terus bantu dan dorong masyarakat Desa Sriamur pada program-program pemerintah yang memiliki kebijakan," 

"Semoga di TA. 2023 nanti warga Desa Sriamur yang memiliki rutilahu ini dapat di input untuk mendapatkan program-program rutilahu, baik itu melalui Rutilahu APBD, Aspirasi Dewan, maupun ABT Kabupaten dan ABT Propinsi," pungkas Mawardi. (Ayu)

Kabupaten Bekasi#Media Budaya Indonesia#

Komentar

0 Komentar