PEDULI LINGKUNGAN, LANTAMAL I GELAR PROGRAM LAUT BERSIH

  • Redaksi
  • Senin, 23 September 2024 21:06
  • 37 Lihat
  • TNI

TNI AL, Belawan, Media Budaya Indonesia. Com - Pangkalan Utama TNI Angkata Laut I (Lantamal I)  menggelar Program Laut Bersih (Prolasih) TW III  yang dikemas dalam rangka Hari Maritim Nasional Tahun 2024, yang diselenggarakan bersama TNI-Polri, Unsur Forkopimda Medan bersama seluruh komponen masyarakat Kota Medan dan Belawan, bertempat di Pantai Olo, Jalan Bagan Deli, Belawan, Sumatera Utara, Senin (23/9/2024).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., dalam sambutannya yang diwakili Aspotmar Danlantamal I Kolonel Mar Hendra Zarnadi Lantamal I menyampaikan bahwa, Program Laut Bersih atau Prolasih Tahun 2024 yang kita laksanakan pada hari ini adalah kegiatan rutin dari TNI Angkatan Laut, sebagai bentuk keperdulian TNI AL terhadap kebersihan laut dan pantai diseluruh wilayah Indonesia guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai dan laut, sekaligus untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam penanganan sampah di laut dan pantai. 

Kegiatan Prolasih ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam meningkatkan karakter kecintaan tanah air, khususnya di wilayah pesisir dan sekaligus mempromosikan obyek wisata di kota sekitarnya, melalui program-program kemasyarakat yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang Maritim. Dengan memelihara kebersihan laut dan pantai, maka peluang untuk meningkatkan potensi Maritim Indonesia akan semakin terbuka. 

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan juga pembagian sembako kepada para nelayan sejumlah 500 paket yang diserahkan secara simbolis. Peserta yang ikut dalam Prolasih tersebut, jumlah 1.045 orang yang terdiri dari Personel Mako Lantamal I dan Prajurit Yonmarhanlan I,  Dirpolairud Polda Sumut, Polres Belawan, Polsek Belawan, Denterem ”B” Belawan, Koramil Belawan, Sub Denpom I/BB Belawan, Pelindo Cabang Belawan, Bea dan Cukai Belawan, HNSI Sumut, Tim Kebersihan Kecamatan Medan Belawan, Masyarakat Kelurahan Bahari, Masyarakat Kelurahan Belawan I, Kelompok Karang Taruna, Pramuka Saka Bahari, serta Personel KNTI. 

Pelaksanaan Prolasih terbagi menjadi 3 sektor yakni, Sektor I di Pelabuhan Bandar Deli, Sektor II di Dermaga Lantamal I, dan Sektor III di Pantai Olo Gabion. Setelah selesai kegiatan sampah berhasil dikumpulkan seberat 56 Ton. Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. 

(Dispen Lantamal I/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar