Danlanal Bintan Tinjau Pembibitan dan Pembesaran Budidaya Ikan Kerapu

  • Redaksi
  • Rabu, 23 Oktober 2024 15:04
  • 15 Lihat
  • TNI

TNI AL, Bintan, Media Budaya Indonesia.Com - Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., didampingi Kapolresta Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Sekda Bintan Ronny Kartika, S.STP., M.M., dan Perwira Staf Lanal Bintan melaksanakan peninjauan pembibitan dan pembesaran ikan kerapu binaan Spotmar Lanal Bintan, bertempat di Jalan Selat Bintan 2, Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Rabu (23/10/2024).

Saat ini ada sekitar 11 kelompok nelayan yang tergabung di CV. Marine Fish yang mengembangkan Budidaya Ikan Kerapu dan Kakap Putih baik pembibitan maupun pembesaran di Desa Pengujan, Kecamatan Penaga, Kabupaten Bintan yang masuk wilayah Posbinpotmar Lobam yang berada dibawah binaan Spotmar Lanal Bintan. 

Budidaya ikan kerapu dan kakap putih di Desa Pengujan, Kecamatan Penaga, Kabupaten Bintan merupakan usaha pembibitan dan pembesaran terbesar di Provinsi Kepri. Kelompok nelayan budidaya ini menerima bantuan bibit ikan, jaring maupun keramba dari Pemerintah Daerah.

Hasil dari usaha pembibitan dan pembesaran dipasarkan ke Kabupaten Kota di Provinsi Kepri, yakni Natuna, Anambas, Karimun dan Lingga. Khusus pemasaran di Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk budidaya pembesaran akan dieskpor keluar negeri. Dalam sebulan mencapai 19 hingga 20 ton," ungkap Hoeslan sebagai direktur CV. Marine Fish.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada CV. Marine Fish yang selama ini sudah kerjasama dengan Lanal Bintan dalam membantu memberdayakan masyarakat pesisir sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Lanal Bintan melalui Spotmar akan terus mengadakan pendampingan dan pembinaan secara terus terus dalam upaya mencapai kelangsungan kesejahteraan masyarakat pesisir sehingga ketahanan pangan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Lebih lanjut, Danlanal Bintan mengatakan bahwa pemanfaatan perairan laut dan pantai serta sumber dayanya untuk kegiatan budidaya ikan, hendaknya dikembangkan dan terus ditingkatkan. Hal tersebut senada dengan arahan pimpinan bahwa peran aktif dari jajaran Staf Potmar Lanal Bintan sangat diperlukan untuk menyelanggarakan berbagai kegiatan yang tidak hanya dapat berkontribusi positif bagi kesejahtraan masyarakat, namun juga mampu mendukung tugas TNI AL diseluruh wilayah nusantara baik dalam tugas-tugas OMP (Oprasi Militer Perang) maupun OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

(Pen Lanal Bintan/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar