Team Rececking Dinas DPMD Kab. Bekasi Sambangi Desa Kedungjaya Dalam Lomba BBGR

Kabupaten Bekasi | Media Budaya Indonesia - Dalam giat lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, team riceking dari Pemkab sambangi Rw 10 Desa Kedung Jaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, sebagai peserta terpilih yang mewakili Kecamatan Babelan., Selasa (22/11/2022) 

Ahmad Nurman Kepala Desa Kedung Jaya beserta Perangkat Desa, Beny Yusnandar Sekcam Babelan, Edwin Kasipem Babelan, turut hadir mendampingi Yahya Suhara, Dwi Sri Kusfita sebagai Team Riceking Pemkab Bekasi.

"Kebetulan Rw 10 Desa Kedung Jaya yang mewakili Kecamatan Babelan terpilih masuk nominasi 6 besar dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi," ucap Beny Yusnandar selalu Sekretaris Kecamatan Babelan dalam keterangan persnya. 

Lanjutnya, "Untuk lomba bulan bakti gotong royong masyarakat, Kecamatan Babelan kebetulan salah satu Kecamatan yang ditunjuk untuk dilakukan riceking,"

Dalam hal ini, IBu Dwi dan Pak Yahya dari Tim Fungsional DPMD berkesempatan melakukan riceking fisik ke Kantor Desa Kedung Jaya.

Tujuannya untuk melihat aspek praktek khususnya Kesra Desa Kedung Jaya. Tutik kedua kemudian ke sekretariat Rt 21 / Rw 10 termasuk melihat Posyandu, Poskamlingnya, kemudian juga Bank sampah, sarana air bersih yaitu sumur satelit." terang Beny Yusnandar.

"Posyandu Kemuning inilah Posyandu yang terbaik tingkat pedesaan dari 7 Desa yang ada di Babelan pada Tahun 2022,"

"Dari segi keamanan juga sudah terpasang cctv, terhadap yang seperti ini komitmen di kecamatan tentunya bukan sekedar memajukan Posyandu tapi menularkan antusiasme ke Desa - desa lainnya." Sambung Beny. 

Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat intinya untuk kegotong royongan dalam masyarakat. Apakah itu masih terlaksana atau tidak ditingkat Rt sampai Rw.

Sampai masyarakat mereka paham tentang apa sih sebenarnya kegiatan - kegiatan yang harus kita jalani itu dengan kegotong royongannya? 

" Dan hasilnya memang tepat, mereka tidak mengandalkan suatu yang minta seperti itu, jadi meraka tuch berusaha untuk mengembangkan di Rw nya, berjalan dengan baik dan terlaksana," tutur Dwi Sri Kualitas dari Dinas DPMD Kab. Bekasi 

"Kegiatan ini seharusnya setahun sekali diadakan, tapi karena adanya pembinaan - pembinaan Rt Rw itu sudah terlaksana, dan kemarin dua Tahun covid jadi tidak terlaksana, maka Tahun ini ada," ucap Dwi Sri Kusfita. 

"Banyak yang kita lihat dari sisi rececking ini, ada 3 tahap, pertama tahap administrasi yang mereka memenuhi dari segi administrasinya yaitu bidang ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan Bumdesnya ," kata Dwi Sri. 

"Lalu  klarifikasi lapangan, mereka jangan mulai pas adanya lomba saja, nanti kita lihat sampai sejauh mana setelah dia dilombakan, Juara tidak merupakan nilai yang harus ditempuh, tapi pengalaman yang harus mereka kejar." pungkas Dwi Sri Kusfita. 

Sementara Sekretaris Desa Kedungjaya , yang lebih akrab disapa H. Uwih mengatakan, " alhamdulillah dengan terpilihnya Desa Kedungjaya sebagai salah satu desa dari 7 Desa dan 2 Kelurahan yang ada di Kecamatan Babelan ini, " 

" Artinya Desa Kedungjaya ini telah menjadi sorotan sebelum adanya penunjukkan untuk menjadi Desa yang disertakan  dalam lomba BBGR ini, " papar H. Uwi. 

"Untuk penilaiannya baik dan positif. Hanya saja ada yang perlu ditingkatkan lagi terkait fisik dan pengelolaan dari beberapa titik yang di rececking tadi, " jelas Sekdes menutup sesi wawancara. 
(Ayu)

Komentar

0 Komentar