Desa Manguntara Ikut Serta Lomba Desa Tingkat Kabupaten Di Indramayu

INDRAMAYU | Budaya Indonesia - Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa. Melalui kegiatan ini, Pemkab Indramayu akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa, terutama terhadap usaha Pemerintah Desa dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat desa, salah satunya sejauh mana partisipasi lembaga desa untuk kegiatan di desa. ( 24/5/2022 )

Adapun indikator penilaiannya meliputi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. Adapun penilaian administrasi, di dalamnya profil desa sudah harus online dan harus sudah Desa digital. Tim Penilai yang terdiri dari berapa SKPD yang di pimpin oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bpk. A. sulaeman, SE., MM dan dihadiri Oleh camat Kertasemaya Bpk. Ade Sukma Wibowo, s.Sos.Msi serta Jajaran, Polsek Sukagumiwang, kuwu se-Kecamatan Kertasemaya, Ketua PKK Kecamatan Kertasemaya serta jajaran, PKK Manguntara, LPM manguntara, Karang Taruna dan Lembaga Lain, dilanjutkan dengan penilaian sesuai dengan indikator yang ada.

Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada.
( Cp )

Komentar

0 Komentar