Membentuk Penerangan TNI AD Cakap Bernarasi, Dispenad Gelar Workshop Menulis

  • Redaksi
  • Rabu, 25 September 2024 21:18
  • 35 Lihat
  • TNI

JAKARTA, Media Budaya Indonesia. Com - Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad) menggelar Workshop Menulis dalam rangka membentuk insan Penerangan jajaran TNI AD agar cakap dalam bernarasi, bertempat di Ballroom Mentawai Novotel hotel Jakarta (25/9/2024).

Acara diawali dengan sambutan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) yang dibacakan oleh Sesdispenad Kolonel Inf Arie Sudarsono sekaligus mewakili Kadispenad membuka Workshop Menulis TA 2024 bertemakan "Membentuk Penerangan TNI AD Cakap Bernarasi".

Dalam sambutannya Kadispenad mengatakan bahwa narasi yang dibangun harus lebih dari sekadar fakta, namun pesan yang kuat harus mampu menyentuh emosi, menumbuhkan rasa kebangsaan, dan mendorong partisipasi masyarakat.

Selanjutnya Kadispenad juga mengungkapkan bahwa TNI AD memiliki banyak kontribusi yang luar biasa bagi negara, mulai dari operasi militer, bantuan kemanusiaan, pembangunan nasional, hingga keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Namun, kontribusi ini hanya akan berarti jika kita mampu menyampaikannya dengan cara yang relevan dan mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

"Melalui workshop ini, saya berharap para peserta akan semakin terampil dalam membangun narasi yang kuat, baik melalui tulisan, video, maupun media sosial. Memahami audiens yang beragam dan menyusun pesan yang tepat dengan gaya bahasa yang komunikatif dan persuasif adalah kunci utama dalam menciptakan penerangan yang efektif," harap Kadispenad.

Workshop Menulis TNI AD ini diikuti oleh personel Satuan Penerangan jajaran TNI AD sejumlah 100 orang di wilayah Pulau Jawa dan secara zoom meeting yang diikuti oleh seluruh jajaran Penerangan di luar Pulau Jawa. Pada Workshop Menulis juga dihadirkan sejumlah narasumber antara lain jurnalis senior Kompas Edna Caroline yang menyajikan materi tentang "Penulisan dan Militer",  selanjutnya Novaya Siantita dan Satria Permana dari IDN Times yang membawakan materi "Creative Content Writing" dan "Komunitas Menulis".

 

(Dispenad/MBI)

TNI AD Kodam Jaya# Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar