Aksi Cepat Tanggap Satgas Pamrahwan Yonarhanud - 3/ YBY Bantu Evakuasi Kecelakaan Lalu Lintas

  • Redaksi
  • Senin, 27 Maret 2023 17:46
  • 59 Lihat
  • TNI

Halmahera Timur  l Media Budaya Indonesia.com – Satgas Pamrahwan Yonarhanud-3/YBY Pos 6/Buli SSK-II membantu masyarakat Maluku Utara yang mobil truk bermuatan batu split nya terguling di badan jalan Kp. Bukit Nyamuk tepatnya di Desa Geltoli, Kec. Maba (Buli), Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Senin (27/03/2023).

Berawal dari adanya mobil dari arah berlawanan yang menyalip kendaraan dan mengambil jalan mobil milik Pak Wawan (Sopir Truk), ia berinisiatif menghindari mobil arah berlawanan tersebut ke sisi kiri jalan.

Namun, karena kondisi jalan yang sempit membuat roda bagian kiri mobil truk Pak Wawan keluar dari sisi jalan sehingga berjalan di atas tanah dan rumput yg lembab setelah semalaman di guyur hujan deras. Kemudian Pak Wawan membanting setir ke kanan untuk kembali ke badan jalan tetapi tergelincir dan mengakibatkan truk yang di kendarainya terguling dan muatan batu split yang di angkut berceceran memenuhi badan jalan.

Kejadian Laka Lalin ini mengakibatkan jalan menjadi sedikit macet hingga kendaraan lain yang hendak melintas terhenti sambil melihat situasi kecelakaan tersebut.

Sertu Dwi Sugiarto, Komandan Pos 6/Buli SSK-II Satgas Pamrahwan Yonarhanud-3/YBY beserta 1 orang anggota yang pada saat itu melintas sepulang dari desa binaannya, segera memberi perintah anggotanya untuk berhenti dan berinisiatif mengecek kondisi sopir dan ikut serta membantu mengatasi musibah dan evakuasi mobil truk milik Pak Wawan yang terguling tersebut.

“Personel Pos Buli ikut membantu masyarakat dalam penarikan mobil tersebut yang terguling di badan jalan. Ini merupakan kewajiban sebagai Personel Satgas yang harus membantu masyarakat yang mengalami kesusahan, juga dengan adanya peran yang kami berikan semoga dapat menjadi berkah dan amal ibadah untuk kami di Bulan Suci Ramadhan ini," Ujar Sertu Dwi Sugiarto.

Sementara itu Bapak Wawan (47) Pengemudi mobil mengucapkan terima kasih kepada Personel Satgas Pos Buli yang telah ikut serta membantu mengevakuasi mobilnya.
“Saya sangat bersyukur dengan adanya Personel Satgas yang berada di wilayah Buli - Halmahera Timur ini, selain bertugas menjaga keamanan, Personel satgas juga turut membantu masyarakat yang kesusahan maupun kesulitan, saya sangat berterima kasih semoga Personel Satgas dalam menjaga keamanan wilayah Maluku Utara ini selalu dilindungi Allah SWT," Ujar Bpk Wawan.

Letkol Arh Achmad Yani, Komandan Satgas Pamrahwan Yonarhanud-3/YBY wilayah Maluku Utara juga mengungkapkan bahwa, semua tugas yang dilaksanakan oleh Personel Satgas di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari semboyan Tentara Nasional Indonesia yaitu "TNI BERSAMA RAKYAT" yang memiliki arti "RAKYAT ADALAH IBU KANDUNG TNI" dan "TNI DARI RAKYAT, OLEH RAKYAT, DAN UNTUK RAKYAT".

Sertu Dwi Sugiarto, Komandan Pos Buli juga menambahkan bahwa, tugas yang dilaksanakan Personel Satgas untuk membantu segala kesulitan masyarakat di wilayah Maluku Utara merupakan bagian dari OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yang sebagaimana telah tercantum dalam UU No.34 Tahun 2004 Pasal 7 Ayat 1-2, dan juga merupakan pelaksanaan dari Santiaji Tentara Nasional Indonesia yang telah tercantum dalam 8 WAJIB TNI.


( Satgas Pamrahwan Yonarhanud-3/YBY/MBI)

Halmahera #TNI#Media Budaya Indonesia.com#Lakalantas#

Komentar

0 Komentar