Ruwatan Nagari Oleh Yayasan Nusantara Kita

MOJOKERTO | Budaya Indonesia - Yayasan Nusantara Kita dan Paguyuban Hening Sambung Rasa mengadakan kegiatan Puncak HUT RI ke 77 dan Tutup Bulan Sura. Acara berlangsung di Patirtan Jolotundo Desa Seloliman, Kabupaten Mojokerto pada Minggu ( 28/8/2022 )

Acara Puncak ini sebagai Penutup HUT RI ke 77 dan Tutup Bulan Sura. Agenda ini dilakukan secara Marathon sejak Awal bulan Sura dan Agustus, dimulai dari Acara Saresehan Budaya Nusantara serta Pertunjukan Tradisional Ujung atau seni olahraga keprajuritan jaman dulu. Kemudian tanggal 17 Agustus dilakukan Pendakian dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Bekel Penanggungan kerjasama dengan Komunitas Lintas Pendaki Jawa Timur dan puncak acara sebagai penutup  dilaksanakan tgl 28 Agustus 2022 dengan Agenda Kirab 1000 Tumpeng Nusantara, Kirab Bendera sepanjang 100meter dari samping Kantor PPLH menuju Bumi Perkemahan Jolotundo dg panjang rute 1-2 KM, kemudian dilanjutkan sore Harinya dengan "Ruwat Negeri" Dilaksanakan di Patirtan Jolotundo dg dipimpin langsung oleh Ibu Ida Widyastuti sebagai Ketua Yayasan Nusantara Kita dan juga Paguyuban Hening Sambung Rasa serta sesepuh desa setempat. Ritual Ruwat Negeri ini yaitu menyatukan semua air yang diambil dari sumber Mata Air di Seluruh Indonesia. 
Setelah Ritual dilaksanakan kemudian malam harinya digelar Pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon "Sumilake Pedut Nuswantoro" oleh Ki Dalang Bagus Mudo Darmoko. 

Dalam Kirab Bendera sepanjang 100 meter itu melibatkan Karang Taruna dari dusun Balekambang Seloliman sebanyak 50 orang pemuda dan pemudi Karang Taruna. Serta ratusan warga dusun yang membawa Ratusan Tumpeng untuk diarak menuju Bumi Perkemahan Jolotundo sepanjang kurang lebih 2 km dengan jalan yang menanjak. 
Dalam penjelasannya menurut Ibu Ida Widyastuti bahwa Semua Kegiatan itu dipersembahkan untuk Masyarakat Indonesia khususnya daerah Sekitar Jolotundo Kab. Mojokerto dengan Tujuan Agar Masyarakat mau untuk melestarikan Budaya Tradisional/daerah juga Memperkenalkan serta Mengangkat Budaya tradisional daerah agar lebih dikenal lebih luas oleh Masyarakat Indonesia dan juga Wisatawan dalam dan Luar Negeri dan Sebagai Bakhti dari Yayasan Nusantara Kita dan PHSR  serta Nusantara Institute untuk Negeri tercinta Indonesia. 

Semoga Kegiatan yang Kita lakukan ini bisa diterima dengan baik oleh Masyarakat dan juga bisa berlangsung Kontinyu setiap Tahunnya. Dan juga semoga kegiatan kegiatan Budaya ini bisa dilakukan didaerah daerah lain juga.
Undangan yang hadir dari kadisbudpar Propinsi Jatim mewakili Gubernur dan juga dari Pemkab Mojokerto, Camat, dandim dan Kapolres. Perhutani dll, juga ada dari Ratu Kesultanan Ternate . 
( Rudjul )

Komentar

0 Komentar