Apical Perkuat Pemberdayaan UKMK, Dukung Pertumbuhan Usaha Berkelanjutan

  • Redaksi
  • Senin, 01 Juli 2024 05:36
  • 33 Lihat
  • Berita Umum

Jakarta, Media Budaya Indonesia.Com - Apical Group, turut berpartisipasi dalam sesi acara “Peranan UKM Dalam Kebijakan Hilirisasi Sawit di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM yang diselenggarakan oleh Majalah Sawit Indonesia, Jakarta,  Kamis (27/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, Apical menjadi salah satu pembicara dengan tema “Peranan Apical Dalam Memberdayakan UKMK” yang dibawakan oleh Manager CSR Apical Group, Sugiantoro. Tak hanya itu, Apical juga mengedukasi proses dan produk makanan sehat menggunakan produk Apical melalui Chef Apical, Teddy Kosasih dan Heri Teguh.

Dalam kesempatan yang sama Apical juga mendapatkan penghargaan berupa sertifikat atas “Kontribusi Dalam Pemberdayan Serta Pendampingan UKM Berbasis Kelapa Sawit – Temu UKMK dan Promosi Sawit Baik yang diserahkan oleh Kepala Bidang Pengembangan SDM Perkoperasian, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Wisnu Gunadi, dan diterima langsung oleh Yudhi Damri, selaku Manager SSL-GA PT Asianagro Agung jaya, Apical Group.

Manager CSR Apical Group, Sugiantoro, mengungkapkan bahwa Apical berkomitmen mendampingi industri mikro yang sesuai karakteristik daerah masing- masing agar dapat naik kelas. “Kita dampingi agar mereka mampu membuat bisnis plan yang bagus. Misalnya mau ekspansi seperti apa, agar memiliki visi bisnis secara “TSM, Terstruktur Sistematis dan Measurable”, ujar Sugiantoro.

Apical memberi perhatian besar terhadap Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) di Tanah Air. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk memajukan UKMK, salah satunya dengan upaya pemberdayaan.

Pemberdayaan UKMK menjadi salah satu program CSR milik Apical Group yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Apical Group mewujudkan pemberdayaan UKMK ini dengan berbagai bentuk bantuan, seperti pelatihan, pendampingan, dan dukungan sarana terhadap UKMK tersebut.

Dukungan dari Apical juga didapat pelaku UKMK di wilayah Jakarta Utara diantaranya Ayam Papang Oo Chicken, Dapur Swarma Seafood, Rahma Street Food melalui PT Asianagro Agung jaya, Apical Group. Pendampingan UKMK ini merupakan tindak lanjut pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UKMK kolaborasi Apical Group bersama Sudinakertrans, Jakarta Utara.

Haristian, HA Manager SSL-GA PT Asianagro Agungjaya, mengungkapkan “Dukungan juga diberikan dalam bentuk langsung oleh Chef dari Apical di IDEAS Center PT Asianagro Agung jaya di Marunda Jakarta Utara, diantaranya pendampingan dan edukasi inovasi sudah diberikan dalam cara pengolahan produk penggorengan kepada pelaku usaha mikro Ayam Papang Oo Chicken”

Salah satu edukasinya yakni dengan pemilihan bentuk minyak goreng cair menggunakan merk Camar dan minyak goreng padat menggunakan merk Frybest yang merupakan produk Apical untuk menghasilkan produk yang lebih kompetitif. Selain itu terdapat juga pendampingan dalam hal rencana bisnis yang berkelanjutan.

Apical juga mengadakan pelatihan kewirausahaan dalam memberdayakan UKMK yakni menjalin sinergi dengan Sudinakertrans Kota Jakarta Utara. Keduanya berkolaborasi untuk pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro, terutama di wilayah Kecamatan Cilincing dan Koja, Kota Jakarta Utara.

Kolaborasi tersebut dilakukan untuk mengatasi stagnasi dan menginspirasi pertumbuhan bisnis para pelaku UKMK, meningkatkan kreatifitas, inovasi dan pengembangan ide-ide baru bagi para pelaku UKMK guna dapat mengembangkan bisnisnya.

Selain bertujuan untuk menginspirasi, kegiatan ini juga dimaksudkan meningkatkan mental kewirausahaan serta pemahaman lebih baik dari konsep dasar usaha 4P (Place, Prize, Product, and Promotion) dalam mengembangkan usaha mikronya.

Melalui inisiatif ini, Apical dan Sudinakertrans Kota Jakarta Utara berkomitmen menciptakan dampak positif, menggali potensi pelaku usaha mikro dan memperkuat fondasi bisnisnya untuk pertumbuhan usaha yang berkelanjutan nantinya.

(Ricci)

Apical# Pemkot Jakarta Utara #Media Budaya Indonesia.Com

Komentar

0 Komentar