Penutupan Operasi Patkor Malindo 165/24 di Lantamal I

  • Redaksi
  • Senin, 30 September 2024 22:10
  • 33 Lihat
  • TNI

TNI AL, Belawan, Media Budaya Indonesia.Com - Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto, S.Sos., M.Si., diwakili Danlanal Dumai sebagai Commander Task Group (CTG) TNI AL Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel memimpin acara Penutupan Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (Patkor Malindo) Le-165 Tahun 2024, bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafian No. 1 Belawan, Sumatera Utara, Senin (30/9/2024).

Adapun rangkaian kegiatan Penutupan Patkor Malindo Ke-165 Tahun 2024 diawali dengan penyambutan kapal perang Malaysia KD Kinabalu-14 di Dermaga Mako Lantamal I dilanjutkan Courtesy Call CTG TLDM CDR Segar A/I Muniandy dan rombongan di ruangan VIP Room Mako Lantamal I Belawan, selanjutnya acara penutupan dan ramah tamah dilaksanakan di Hedung Yos Sudarso Mako Lantamal I. 

Adapun susunan acara penutupan yakni laporan Komandam KRI Torani-860 Mayor Laut (P) Daniel Adri Winanto, sambutan Komandan Guskamla Koarmada I yang dibacakan oleh CTG TNI AL Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel sekaligus pernyataan Penutupan Patkor Malindo Ke-165 Yahun 2024. 

Selesai acara penutupan dilanjutkan pertukaran cinderamata antara CTG TNI AL Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel kepada CTG TLDM CDR Segar A/I Muniandy, foto bersama, pembacaan doa dan ramah tamah.

Dalam amanatnya, Komandan Guskamla (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto, S.Sos., M.Si., yang dibacakan Danlanal Dumai sebagai CTG TNI AL menyampaikan bahwa Patkor Malindo yang diselenggarakan ini memiliki arti penting dalam meningkatkan kerjasama Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia dalam mengamankan Selat Malaka terhadap berbagai illegal activity serta meningkatkan profesionalisme dan memperkuat hubungan serta semangat Navy Brotherhood antara Angkatan Laut Malaysia dan Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perkembangan lingkungan strategis dan kompleksitas permasalahan di Selat Malaka selalu berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dan koordinasi serta manajemen penanganan yang harus semakin meningkat. 

Output Patkor Malindo berupa kondisi aman dan terkendalinya Selat Malaka yang dilaksanakan melalui koordinasi yang baik antar unsur yang terlibat dengan memberikan umpan balik yang positif dalam penyelenggaraan patroli koordinasi dimasa yang akan datang. 

Untuk menambah keakraban antara prajurit TNI Angkatan Laut dengan TLDM, maka pada sore harinya dilaksanakan olahraga bersama antara ABK KRI Torani-860 dan KRI Lepu-861 dengan ABK KD Kinabalu-14 di Lapangan Mako Lantamal I, yaitu pertandingan bola volley, bulu tangkis dan tenis meja.

Turut hadir dalam kegiatan Penutupan Patkor Malindo 165/24 antara lain, Pjs. Wadan Lantamal I, para PJU Lantamal I, para Kadis/Kasatker Lantamal I, para Komandan KRI.

(Dispen Lantamal I/MBI)

TNI AL#Media Budaya Indonesia. Com

Komentar

0 Komentar