Nelayan Pesisir Utara Kab.Bekasi Jalani Ritual Larung Laut dan Wayang Kulit Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

  • Redaksi
  • Senin, 31 Januari 2022 12:30
  • 86 Lihat
  • Berita Umum

Kabupaten Bekasi l Budaya Indonesia -  Dalam rangka melestarikan budaya daerah yang berada di pesisir Utara Kabupaten Bekasi, para nelayan tradisional yang berada di Pesisir Bekasi menggelar ruwat laut atau syukuran di Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Paljaya, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (28/1/2022).

Kegiatan ini mengikut sertakan nelayan dari enam muara yang berbeda, diantaranya: Muara Sungai Tawar, Muara Sungai Pal Jaya, Muara Sungai Niri, Muara Sungai Karatan, Muara Sungai Rindu dan Muara Sungai Jingkem. 

Dengan menggunakan kurang lebih sebanyak 50 perahu yang dihias cukup unik, para nelayan ini menuju lautan untuk menjalankan ritual khusus, yang dinamakan Larung Laut yakni melarungkan sesaji kelaut lepas. Namun sebelumnya, mereka melakukan arak-arakan kepala kerbau yang akan dipersembahkan sebagai sesaji serta doa bersama. 

Agus Arif Setiawan selalu kordinator acara ini menjelaskan, " Tujuan dari giat ini adalah salah satu ungkapan rasa syukur kami para nelayan kepada Alloh SWT,  atas melimpahnya tangkapan ikan dan segala jenis hasil laut seperti rajungan, udang, dan hasil laut lainnya di laut pesisir Utara kabupaten Bekasi selama setahun ini, " katanya. 

"Kegiatan ini merupakan kebudayaan dan kearifan lokal yang rutin kita gelar setiap tahunnya. Dan giat saat ini merupakan kali kedua dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tapi kami terus berharap agar ritual ini dapat dilaksanakan setiap tahun, agar tradisi nelayan yang sejak dahulu sudah ada, dapat terus dilestarikan" lanjut Agus lagi. 

Agus menambahkan, " selain ritual larung Laut, kami juga mengadakan pagelaran Wayang Kulit, yang dilaksanakan malam hari, Kira-kira pukul satu dinihari," 

Disisi lain, Ibnu Hajar Kepala Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya,  Kabupaten Bekasi yang menghadiri kegiatan tersebut, turut berujar, " Sebagai umat beragama, sudah seharusnya kita bersyukur kepada Alloh SWT yang sudah memberikan nikmat rezekiNya kepada kita semua. Khususnya para nelayan ini, hasil panen laut yang mereka dapatkan melimpah ruah, dan itu wajib mereka bersyukur kepada Alloh SWT, sebagai Pemilik Laut, " papar Ibnu. 

Katanya lagi, " Mudah-mudahan dengan mereka bersyukur, rezekinya bertambah, yang tadinya dapat 1 kuintal, bukan depan menjadi 2 kuintal, aamiin" pungkas Kades Samudrajaya.

Giat Ritual Laut ini turut menghadirkan Camat Tarumajaya yang diwakilkan oleh Sekretaris Camat Tarumajaya, Kades Samudrajaya Ibnu Hajar, Muspika Kecamatan, Muspika Desa Segarajaya, serta keluarga para nelayan. (Ayu)

Komentar

0 Komentar